RESENSI BUKU: SENARAI PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI: PROFESOR PERTAMA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI DI INDONESIA

sulistyo basukiJudul Buku : Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki: Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan dan Informasi Di Indonesia
Penulis : Farli Elnumeri, dkk.
Penerbit : ISIPII
Tahun : 2014

Lebih dari 60 tahun, sejak tahun 1952, di dunia keilmuan Perpustakaan dan Informasi, baru satu orang Indonesia yang telah mencapai gelar Profesor. Gelar ini diberikan kepada Sulistyo Basuki yang merupakan pengajar di Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia.
Sampai usia 73 tahun, beliau terus mengabdikan dirinya membimbing para mahasiswa di pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Saat ini tidak saja membimbing kampus yang telah membesarkan beliau, namun juga di berbagai jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di berbagai universitas di Indonesia.
Untuk itulah, sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap dedikasi Prof. Dr. Sul;styo Basuki, M.SLS., Ph.D dalam dunia Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, Ikatan Sarjana Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) menerbitkan buku ini.
Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki berisi tulisan-tulisan beliau yang tersebar di berbagai forum diskusi, seminar, dan pelatihan. Berbagai tulisan disajikan dalam 9 bab yakni kajian keilmuan perpustakaan informasi, potret pendidikan perpustakaan dan informasi, seluk-beluk koleksi dan pengelolaannya; pelayanan dan sumber daya perpustakaan, transformasi teknologi, perpustakaan dan masyarakat, jejaring perpustakaan dan kerja bersama pustakawan, perihal kearsipan dan arsiparis, serta jejak langkah perpustakaan dan kepustakawanan Indonesia. Buku ini tepat bagi yang ingin menjelajahi cakrawala pemikiran Sulistyo Basuki, profesor petama di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *