RESENSI BUKU: CERITA AZRA

IMGJudul Buku : Cerita Azra
Penulis : Andina Dwifatma
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2011

Azyumardi Azra, biasa dipanggil ‘Azra’, adalah seorang cendekiawan Muslim “pendobrak” Kiprahnya di dunia pendidikan menghasilkan inovasi-inovasi yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Salah satu hasilnya adalah bertransformasinya IAIN Syarif Hidayatullah menjadi UIN Syarif Hidayatullah,yang menjadikan institusi pendidikan Islam bisa masuk ke dalam arus utama, menjadi lebih open-minded, berkualitas, dan bermartabat di mata masyarakat.
Azyumardi Azra adalah seorang Pakar Sejarah dan Peradaban Islam yang diakui dunia internasional. la pun sudah mendapatkan gelar Guru Besar dari almamaternya, UIN Syarif Hidayatullah. Dalam hidupnya, ia adalah seorang Muslim tulen yang taat mengikuti nilai-nilai yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.
Azyumardi Azra pernah dipercaya oleh mantan Wapres Jusuf Kalla untuk menjadi Deputi Sekretaris Wakil Presiden (Seswapres) Bidang Kesra selama dua tahun. Berbagai partai politik sudah pernah melamarnya untuk bergabung, tapi ia tetap teguh pada netralitasnya. Netralitasnya dari dunia politik menjadikan dirinya sebagai orang yang paling diburu wartawan untuk berkomentar perihal masalah politik dan sosial kemasyarakatan.
Direktur Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah ini adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar Commander of the British Empire (CBE) dari Ratu Inggris. la berhak dipanggil “Sir” dan memiliki hak-hak khusus lainnya. Pesepakbola David Beckham dan beberapa orang populer lainnya di Inggris memiliki pangkat di bawah dirinya. Satu lagi yang ia banggakan, di dalam dunia penerbangan ia tercatat sebagai salah seorang Frequent Flyer tertinggi salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia: Singapore Airlines (SQ), sejak tahun 2005.
Buku”Cerita Azra” ini mengungkapkan kisah kehidupan Azyumardi Azra beserta sisi-sisi menarik kehidupannya yang jarang diketahui masyarakat. Dengan membaca buku ini, Anda akan terinspirasi oleh kisah hidupnya. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *