RESENSI BUKU: KEPRIBADIAN

KepribadianJudul Buku : Kepribadian
Penulis : Howard S. Friedman & Miriam W. Schustack
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2008

Psikologi kepribadian adalah studi ilmiah tentang kekuatan-kekuatan psikologis yang membuat setiap orang unik. Psikologi kepribadian mencoba menjawab pertanyaan, “Apa arti menjadi seorang manusia?” Dengan kata lain, seunik apakah diri kita sebagai individu? Apakah hakekat dari diri? Ahli psikologi kepribadian menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik ini dengan melakukan observasi sistematik mengenai cara dan alasan seseorang berperilaku. Buku istimewa ini memberikan “kepribadian” pada mata kuliah Teori Kepribadian. Dengan isinya yang memadukan pandangan klasik dari para ahli teori kepribadian dengan hasil-hasil riset modern dari para peneliti, yang mencakup studi mengenai kebudayaan, evolusi, ego, gender, dan interaksi orang-situasi, buku ini sangat menarik bagi setiap orang yang tertarik memperdalam pengetahuannya tentang Psikologi Kepribadian.
Fitur-fitur baru yang terdapat dalam edisi ketiga ini:
• Kotak “Pertajam Pemikiran Anda” menekankan pada mahasiswa bagaimana asumsi dari pendekatan kepribadian tertentu mempengaruhi kehidupan dan masyarakat kita.
• Materi baru pada aspek biologi, trait, dan evolusi dari kepribadian diintegrasikan dalam seluruh bab, dengan penekanan pada diskusi kritis mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masingnya.
• Diskusi aktual mengenai kebahagiaan, kebencian, dan kebudayaan membantu mahasiswa memahami topik yang hangat mengenai teror/konflik dan aktualisasi-diri/penyembuhan.
• Peliputan yang diperbanyak mengenai isu gender dan lintas-budaya mendekatkan kedua topik ini kepada para mahasiswa. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *