Memilih Bekerja Setelah Lulus Sekolah?

KOMPAS.com – Kelulusan setelah ujian adalah momen yang ditunggu banyak orang. Sebagian besar akan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, tapi tak sedikit yang karena alasan ekonomi memilih untuk langsung bekerja.
Sebelum Anda memutuskan melanjutkan studi atau bekerja, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan berbagai hal, termasuk tujuan pribadi Anda ke depannya. Jika pertimbangan Anda jatuh untuk bekerja setelah lulus, perhatikanlah jenis pekerjaan apa yang tepat untuk Anda. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

1. Cobalah beberapa tes minat dan kepribadian. Ada banyak tes secara online yang bisa Anda coba, untuk membantu menemukan jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda.

2. Sebelum mengambil profesi pekerjaan, cari tahu persyaratan pendidikan dalam pilihan pekerjaan tersebut. Ada pekerjaan yang membutuhkan lulusan perguruan tinggi sebagai salah satu persyaratannya, minimal mendapatkan gelar S1. Namun, ada pula pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana, melainkan dengan menawarkan job-training atau magang terlebih dahulu. Di sanalah Anda akan belajar dari tingkat pemula.

3. Mengikuti kursus pelatihan kerja. Jika Anda mengikuti pelatihan kerja, Anda akan dipersiapkan untuk fokus pada satu pekerjaan tertentu, biasanya ini akan selesai selama enam bulan atau satu tahun. Program pelatihan kerja ini seperti program pelatihan akademik, tapi ini lebih ringan. Di sana Anda dapat melakukan pekerjaan sambil belajar.

4. Daftar militer. Jika Anda telah berusia 18 tahun, Anda dapat mencoba memilih pendidikan Kemiliteran. Kemiliteran akan membayar Anda untuk pendidikan di masa depan dan menawarkan bonus pendaftaran yang menarik. Di sana, Anda akan dilatih berbagai ketrampilan dan disiapkan untuk lingkungan terstruktur yang menuntut kedisiplinan dan kerja keras.

5. Memulai usaha. Dengan merintis bisnis, Anda masuk ke dalam dunia yang waktunya bisa Anda kontrol. Ini akan menjadi pilihan yang baik jika tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Pada opsi ini, yang harus Anda lakukan adalah disiplin, fokus, dan serius. Terlepas dari itu, Anda juga perlu mempelajari ketrampilan dasar berbisnis, selain ketrampilan tertentu dari pekerjaan Anda. (taken from: www.kompas.com, 28 Maret 2012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *