Mau UN-mu Lancar? Ini Tipsnya

Belajar dan berlatih mengerjakan soal ujian nasional (UN) telah kamu lakukan dari jauh-jauh hari. Persiapan fisik dan mental juga telah kamu rasa cukup. Rasanya, enggak akan ada yang salah dan mengganggumu ketika UN besok.
Jangan tinggi hati dahulu, sebab meski sudah berhati-hati, kita bisa saja melakukan kesalahan ketika mengerjakan soal UN. Nah, setelah sekian lama mempersiapkan diri, apa lagi yang dapat kamu lakukan agar ujianmu lancar? Simak contekannya!

– Ketika sudah menerima soal, teliti berkas soalmu. Pastikan tidak ada soal yang kurang, atau berkas soalmu rusak.

– Jangan sampai salah menuliskan data diri dan kode soalmu di lembar jawaban. Ingatlah bahwa UN tahun ini menggunakan lima set soal berbeda. Cek lagi, ya!

– Tenangkan diri, dan bacalah doa sebelum mengerjakan soal-soal ujian. Membaca soal dengan tenang dan teliti akan membuatmu lancar menjawab soal. Jika kamu tegang, biasanya konsentrasimu justru akan buyar. Kerjakanlah dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah, baru kemudian soal-soal sulit.

– Jaga lembar jawaban UN-mu tetap bersih, tidak terlipat, basah, sobek, rusak, dan jangan juga mencorat-coret lembar jawabanmu. Lembar jawaban yang kotor atau rusak akan menyulitkan komputer dalam proses pemindaian. Yang rugi kamu juga, kan?

– Sebelum mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas, pastikan kamu sudah menjawab semua soal ujian. Yang lebih penting, pastikan juga data dirimu seperti nama, nomor ujian, kode sekolah, dan kode soal telah benar. Teliti dalam verifikasi data seperti ini sangatlah penting demi kebaikanmu sendiri.

– Terakhir, pastikan lembar jawabanmu telah diterima pengawas sebelum kamu meninggalkan ruang ujian. Kamu tentu enggak mau lembar jawabanmu terselip dan tidak sampai di panitia penilaian, kan?
Semoga berhasil! (www.okezone.com: 17/04/2012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *