RESENSI BUKU: TUSUK SULAM DASAR

tusuk sulam dasarJudul Buku: Tusuk Sulam Dasar
Penulis: V.M. Bambang Soemantri
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2006

Aneka tusuk sulam dasar pada zaman kolonial Belanda biasanya diajarkan dalam mata pelajaran keterampilan di sekolah-sekolah menengah di Indonesia. Para ibu dan nenek kita kemudian menjadikannya sebagai hobi yang dikerjakan mereka di rumah. Sekarang pun di beberapa sekolah, masih diajarkan membuat tusuk sulam sebagai bagian mata pelajaran keterampilan. Bahkan di sekolah kejuruan, tusuk sulam dasar merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan.
Buku Aneka Tusuk Sulam Dasar ini di samping ditujukan sebagai bahan pengajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, akan sangat dibutuhkan di dalam diklat-diklat untuk para calon pengrajin kerajinan sulaman di daerah. Sebuah buku yang diharapkan dapat ikut serta menunjang suksesnya pembangunan jangka panjang, khususnya dalam bidang pertekstilan di Indonesia.
Buku ini merupakan karya V.M. Bambang Soemantri yang telah lebih dari 30 tahun mengajarkan tusuk sulam dasar di sekolah-sekolah kejuruan, berisi teknik membuat 50 macam tusuk sulam dasar. Disajikan dengan sangat detail, berupa langkah-langkah pembuatan yang dilengkapi dengan gambar, dan tampilan hasil jadi dalam foto-foto berwarna. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *