Daily Archives: 01/02/2016

RESENSI BUKU: NASIONALISME ARTI DAN SEJARAHNYA

nasionalismeJudul Buku : Nasionalisme Arti Dan Sejarahnya
Penulis : Hans Kohn
Penerbit : Erlangga
Tahun : 1984

Profesor Hans Kohn adalah ahli sejarah terkemuka pada zaman ini. la adalah seorang Cek dalam kelahirannya dan telah berdiam di Amerika Serikat sejak 1934; ia mengajar sejarah sejak 1939 hingga 1949 pada Smith College, sekolah wanita yang terkenal, dan ia menjadi profesor pada City College New York, sejak 1949. Lagi pula ia mengajar di universitas-universitas Amerika Serikat yang terkenal termasuk Harvard, Yale dan Universitas California dan telah berjasa dalam pimpinan-pimpinan organisasi-organisasi pendidikan dan sejarah.
NASIONALISME adalah satu dari 20 buah buku yang ditulis Profesor Kohn. Ia telah menulis sejarah-sejarah modern negara-negara Timur, Timur Dekat, Uni Soviet dan Dunia Barat dengan penegasan pada pertumbuhan nasionalisme.
Buku ini menyajikan sejarah singkat yang pertama tentang nasionalisme, dari permulaannya sampai sekarang. Ia melingkupi kedudukan nasionalisme di seluruh dunia dan latar belakang sejarahnya yang menjelaskan mengapa ia telah menimbulkan akibat-akibat yang bertentangan di berbagai negara. Karena nasionalisme, itu dibentuk oleh ide politik dan susunan masyarakat berbagai negara, tempat akarnya tumbuh, ia mengandung janji dan bahaya. Hanya dengan mempelajari pertumbuhan sejarah nasionalisme dan mengadakan suatu penyelidikan perbandingan tentang bentuknya yang berbeda-beda di pelbagai lapangan, kita dapat  memahami  yang  ditimbulkan  zaman sekarang. (A)