Daily Archives: 13/10/2015

RESENSI BUKU: SEJARAH PEMBELAJARAN SEJARAH INTERAKTIF 2 & 3 UNTUK KELAS XI & XII SMA DAN MA

IMGIMG_0001Judul Buku : Sejarah Pembelajaran Sejarah Interaktif 2 & 3 untuk Kelas XI & XII SMA dan MA
Penulis : Herimanto & Eko Targiyatmi
Penerbit : Platinum
Tahun : 2014

Dengan buku Sejarah Pembelajaran Sejarah Interaktif Jilid 2 dan Jilid 3 ini Anda akan diajak untuk mempelajari peristiwa masa lampau dengan lebih mendalam. Melalui pengamatan terhadap kondisi sosial-budaya dan sejumlah warisan sejarah yang bisa dijumpai saat ini, peserta didik diajak mengarungi garis waktu mundur ke masa lampau saat terjadinya peristiwa yang melandasi terbentuknya peradaban yang melatarbelakangi kondisi sosial-budaya dan warisan sejarah tersebut.
Dalam penyajiannya, buku ini menggunakan pendekatan saintifik melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyajikan. Melalui pendekatan saintifik, siswa diajak mencari tahu, bukan diberi tahu. Buku ini juga menampilkan materi yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa.
Komponen-komponen penunjang pembelajaran sebagai berikut.
Mari Mengamati Dalam pembelajaran sejarah, pengamatan dilakukan pada objek sejarah yang berupa situs sejarah atau dalam bentuk multimedia; media video, gambar dan seterusnya.
Mari Menanya Membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan perhatian peserta didik tentang suatu tema atau topik pembelajaran.
Mari Menalar Penalaran merupakan proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan.
Mari Mencoba Bertujuan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Wawasan llmu Materi, contoh, dan latihan yang disajikan mencerminkan peristiwa, kejadian atau kondisi up to date sesuai dengan perkembangan ilmu sejarah.
Wawasan Spiritual Materi, contoh, dan latihan menumbuhkan perilaku jujur, sikap disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai.
Wawasan Kebhinekaan Materi dapat membuka wawasan peserta didik untuk menghargai perbedaan akan keragaman sosial, budaya, agama, sumberdaya alam, dan kemajemukan masyarakat, serta tidak bias jender.
Wawasan Sosial Materi, contoh, dan latihan menumbuhkan sikap menghargai eksistensi manusia secara universal, peduli terhadap sesama, kerjasama,toleransi, santun, dan cepat tanggap terhadap perubahan lingkungan sekitar.
Wawasan Kebangsaan Materi, contoh dan latihan yang disajikan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, membangun kebersamaan, solidaritas, dan identitas bangsa sehingga peserta didik bangga sebagai bangsa Indonesia serta dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.
Ingat Lagi Memudahkan Anda untuk mengingat kembali inti sari materi yang telah dipelajari.
Uji Kompetensi Menguji kemampuan dan pemahaman Anda terhadap materi serta meningkatkan penalaran. (A)