Daily Archives: 16/02/2015

RESENSI BUKU: COMPUTER SCIENCE

computerJudul Buku : Computer Science
Penulis : J. Glenn Brookshear
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2003

Pada tahun 1985, edisi pertama dari buku COMPUTER SCIENCE: AN OVERVIEW menjadi buku utama dalam kurikulum llmu Komputer. Selama bertahun-tahun, buku ini bertahan di atas, melalui ujian waktu yang dialami keenam edisi sebelumnya,  dan  kini telah  diterjemahkan  ke  beberapa bahasa.
Dengan edisi ketujuh ini, J. Glenn Brookshear memperpanjang reputasi buku ini. Dia menyajikan sebuah buku pengantar yang lengkap, aktual dan mudah dimengerti,   untuk  bidang   ilmu  komputer yang  sangat  dinamis.
Hal-hal yang baru di edisi ketujuh ini adalah:
• Diperbaharuinya materi, agar mencerminkan trervtren terbaru dalam bidang ilmu komputer, termasuk area-area penting seperti keamanan network, pengembangan open-source, memori asosiatif, enkripsi kunci publik, XML, Java, dan C#.
• Diperluasnya pembahasan mengenai networking dan internet.
• Digunakannya bahasa pemrograman C#, di samping C, C++ dan Java,walaupun buku ini sesungguhnya language-independent.
• Disediakannya manual lab yang ekstensif dalam bahasa C, C+ + , dan Java, bagi mereka yang ingin mengembangkan pengetahuannya mengenai kerja bahasa pemrograman.
• Diperbanyaknya catatan pinggir, yang menampilkan berbagai isu dan topik untuk eksplorasi lebih lanjut.
• Ditambahkannya contoh soal dan soal latihan, totalnya menembus angka 1000 – dengan jawaban untuk lebih dari 300 pertanyaan disertakan dalam apendiks.
• Diperpanjangnya pembahasan mengenai aspek-aspek etika dan hokum yang menjadi perhatian para ilmuwan komputer seperti keamanan di internet, kepemilikan software dan kewajiban yang menyertainya, dan implikasi teknologi database. (A)