Daily Archives: 12/03/2012

TUGAS MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI IA DAN IS SELAMA PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH 13 – 20 MARET 2012

1.       P Kn ( untuk IA dan IS )
Mencari 5 macam organisasi Internasional dari Internet, yang memuat tentang :
      a.       Lambang organisasi
      b.      Kapan berdirinya
      c.       Tujuan
      d.      Keanggotaan
Laporan dalam bentuk print out
Dikumpulkan tanggal 23 Maret 2012
Tugas Individu
2.       KIMIA ( untuk IA )
Mengerjakan soal tentang Ph larutan Buffer dari Buku Kimia XI ( Erlangga) halaman 247 – 249
No 1 – 20
Dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012 ( tugas individu )
3.       BIOLOGI ( untuk IA )
Mencari artikel tentang penyakit-penyakit yang berhubungan dengan system koordinasi dan toga ( tanaman obat keluarga ) yang berhubungan dengan kelainan/penyakit sistim koordinasi
Dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012 ( tugas individu )
4.       BAHASA JAWA ( untuk IA dan IS )
Mengerjakan LKS hal 34 – 36
Dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012 ( tugas individu)
5.       SEJARAH ( untuk IA dan IS )
Membuat soal-soal Pilihan Ganda sebanyak 20 soal tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia, dikumpulkan hari Rabu, 21 maret 2012 (tugas individu)
6.       MATEMATIKA ( untuk IA dan IS )
Mengetik (soft copy) 15 soal Pilihan Ganda dari LKS dan dari buku Sukino tentang soal Limit
Dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012 (tugas individu )
7.       TIK ( untuk IA dan IS )
Mencari informasi penyedia layanan internet di seluruh Indonesia berikut syarat dan ketentuannya dalam bentuk laporan di ketik menggunakan open office writer dan file dikirim ke alamat priefarhas02@gmail.com (tugas kelompok maksimal anggota 2 orang) info dapat dilihat di http://www.facebook.com/groups/147987571919363/atau http://plus.google.com (akun G+ masing – masing)
 8.       FISIKA ( untuk IA)
a.                   Buat artikel tentang Kesetimbangan Benda
b.                   Buat artikel tentang thermodinamika
Ketentuan:
1.         Judul artikel bebas.
2.         Mencantumkan referensi/daftar pustaka pada halaman paling belakang artikel dengan tanggal aksesnya.  Contoh penulisan referensi http://aktifisika.wordpress.com/2009/02/25/termodinamika (12 Maret 2012)
3.         Jika mencantumkan gambar, tuliskan sumbernya.
4.         Artikel diketik dengan font times new roman ukuran 12 spasi 1,5.
5.         Setting pengetikan menggunakan kertas kuarto (A4), margin atas dan kanan 3 cm, margin kiri dan bawah 4 cm.
6.         Tulisan minimal 15 halaman, tidak termasuk halaman referensi.
7.         Sampul artikel berisi Judul, dan identitas penulis (nama, kelas, nomor absen)
8.         Ketentuan ini berlaku untuk setiap artikel.
9.         Pengumpulan artikel berupa soft copy dan hardcopy. Softcopy dikirim ke alamat neti7lest@gmail.compaling lambat hari Selasa tanggal 20 Maret 2012 pukul 00.00 WIB, sedangkan hardcopy dikumpulkan paling lambat hari Rabu tanggal 21 Maret 2012.
9.       EKONOMI ( untuk IS )
Membuat makalah tentang “Bursa Efek”, dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012
10.   SOSIOLOGI ( untuk IS )
Mengumpulkan kliping “Pengaruh Multikultural”, dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012
11.   GEOGRAFI ( untuk IS )
Mencari di Internet tentang “Bencana alam yang merusak lingkungan hidup”, dikumpulkan hari Rabu, 21 Maret 2012 ( tugas individu)
“Selamat mengerjakan tugas“

Resensi Buku: The Magic of Mahabharata Ramayana

Judul Buku : The Magic of Mahabharata Ramayana
Penulis : Pardi Suratno
Penerbit : Pararaton
Tahun : 2009
 
MAHABHARATA & RAMAYANA telah berusia lebih dari 2000 tahun. Kedua mahakarya yang dinisbatkan sebagai karya Empu Wyasa Kresna Dwipayana dan Empu Walmiki ini, memuat berbagai pergolakan politik, hukum, seni, budaya dan religi yang berjalin berkelindan dengan filsafat sosial yang sangat indah. Inilah puncak-puncak kecerdasan etis-spiritual, moral-estetika yang menghubungkan bangsa-bangsa Asia secara ideologis melebihi batas-batas demografis dan geografis. Sebagai produk budaya yang bernilai tinggi, kitab ini terus mendapat apresiasi dari berupa pemaknaan-pemaknaan baru yang kontekstual.
Hukum, hukuman dan kutukan memiliki relasi dengan pendidikan etika dan estetika. Metode reward and punishment telah lama dilakukan sebagai pembinaan akhlak kultural dan seni moral berupa yang hadiah bagi mereka yang berprestasi dan hukuman bagi yang melakukan kesalahan. Sebagai media pendidikan, kajian Fardi Suratno ini membuktikan bahwa reward and punishment dalam masyarakat kuno sangat efektif dan berdampak sangat dahsyat terhadap pribadi maupun sistem sosial masyarakat. Bagaimana dengan sekarang? (A)