Category Archives: Uncategorized

RESENSI BUKU: SETENGAH PECAH SETENGAH UTUH PERLINDUNGAN MARPAUNG

UntitledJudul Buku : Setengah Pecah Setengah Utuh Perlindungan Marpaung
Penulis : Andrie Wongso
Penerbit : Esensi
Tahun : 2015

Ibarat seseorang hendak membuat sebuah kue yang enak, dengan bahan dasar telur, maka telur tersebut harus dipecahkan dan diaduk terlebih dahulu baru dapat dibuat menjadi kue yang enak. Tanpa dipecahkan, tidak mungkin telur tersebut dapat langsung dipakai sebagai adonan kue. Kehidupan pun demikian. Ada kalanya kita diizinkan Sang Pencipta untuk mengalami kehidupan yang “pecah” terlebih dahulu, seperti masalah dan pergumulan hidup, agar bisa menjadi manusia yang bernilai dan menghargai kehidupan dan kesempatan yang masih diberikan. Bukan peristiwa/masalahnya yang penting, namun bagaimana respons kita terhadap masalah tersebut yang akan menentukan bagaimana kualitas hidup kita sehari-hari.
Buku ini merupakan kumpulan cerita inspiratif yang aktual dan “renyah” disertai pembahasan praktis untuk kehidupan sehari-hari. Setelah membaca buku ini pembaca diharapkan mampu menemukan inspirasi untuk pengembangan sikap dan cara pandang yang lebih positif dalam menghadapi setiap permasalahan kehidupan. Selamat membaca. tersenyum, tertawa dan berefleksi. (A)

RESENSI BUKU: 10 TOKOH TRANSFORMATIF INDONESIA

IMG_0002Judul Buku : 10 Tokoh Transformatif Indonesia
Penulis : Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si & Dr. Iding Rosyidin, M.Si
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2015

Saat mesin kaderisasi politik dan sistem birokrasi pemerintahan seolah mandek dalam membidani dan melahirkan pemimpin dan kepemimpinan yang diharapkan rakyat, dan di saat harapan untuk itu seolah berujung tak bertepi, muncul sosok-sosok yang tidak hanya pandai beretorika, tetapi juga memberi inspirasi dengan kerja nyata. Apa yang mereka katakan, itu pula yang dilakukan. Mereka bekerja, melayani, mempelajari masalah, dan menawarkan solusi bagi persoalan bangsa. Lebih-lebih lagi mereka menggerakkan orang untuk berpartisipasi bukan lewat inslruksi melainkan dengan contoh dan keteladanan. Mereka adalah para pemimpin transtormatif yang sejak dua windu silam, ketika reformasi digulirkan, selalu diidam-idamkan kehadirannya untuk memegang tampuk kepemimpinan bangsa ini. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU FISIKA UNTUK SMA/MA KELAS X

Fisika GuruJudul Buku : Buku Guru Fisika Untuk Sma/Ma Kelas X
Penulis : Sufi Ani Rufaida dan Sarwanto
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2013

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan para siswa dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV. Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, serta Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU MATEMATIKA UNTUK SMA/MA KELAS X

matematika guruJudul Buku : Buku Guru Matematika Untuk SMA/MA Kelas X
Penulis : Suparmin, dkk.
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2013

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan para siswa dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV. Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, serta Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: PINTAR MEMBUAT PORTOFOLIO

IMG_0001Judul Buku : Pintar Membuat Portofolio
Penulis : Elizabeth F. Shores dan Cathy Grace
Penerbit : Esensi
Tahun : 2006

Pintar membuat portofolio menyajikan berbagai teknik pengujian portofolio dalam bentuk yang mudah diterapkan. Langkah tersebut mudah untuk diadopsi dalam proses mengajar, menjadikannya  sarana eksplorasi yang  menyenangkan dalam petualangan.
Langkah pembuatan bersifat sinambung dan memberi orang tua gambaran mendalam tentang perkembangan buah hati mereka.
Portofolio yang  sempurna akan  membantu  semua  pihak. Menurut penulis, poin penting pengujian portofolio ialah:
• Meningkatkan kerja sama dan pemahaman antara orang tua dan guru
• Meningkatkan keterlibatan keluarga
• Menyesuaikan pengalaman belajar untuk membantu setiap anak tumbuh dengan kecepatannya sendiri
• Mendorong pengembangan profesi guru
• Memungkinkan guru menetapkan kecepatannya sendiri
• Memudahkan guru melacak hasil karya anak pada semua bidang pelajaran.
Siapa saja yang dianjurkan menggunakan buku ini?
• Guru prasekolah dan sekolah dasar
• Pihak administrasi penitipan anak prasekolah dan sekolah dasar.
• Guru-guru anak usia dini dan taman kanak-kanak
• Kepala Sekolah
• In-service trainer (mentor) para guru
• Pengajar   akademis   di   bidang   pendidikan   anak   usia   dini   dan pengembangan kurikulum. (A)

RESENSI BUKU: IN OUR TIME: PIDATO-PIDATO YANG MEMBENTUK DUNIA MODERN

IMGJudul Buku : In Our Time: Pidato-Pidato Yang Membentuk Dunia Modern
Penulis : Hywell Williams
Penerbit : Esensi
Tahun : 2009

Kejayaan Sekutu yang begitu cemerlang kini sudah dibayangi awan gelap… Mulai dari Stettin di Baltik hingga Trieste di Adriatik, sebuah tirai besi telah dibentangkan di sepanjang benua.
WINSTON CHURCHILL
Perbatasan Baru yang saya sampaikan ini bukanlah merupakan sekumpulan janji, melainkan sekumpulan tantangan… Saya berkeyakinan bahwa waktu yang berbeda menuntut penemuan, inovasi, imajinasi, dan keputusan yang baru pula. Saya. menghimbau Anda sekalian untuk menjadi pionir untuk melintasi Perbatasan Baru tersebut… Kita harus membuktikan kembali apakah negara ini — atau negara apa pun yang menyerupainya — mampu bertahan lama.
JOHN F.KENNEDY
Jelaslah bahwa kekerasan dan ancaman kekerasan tidak bisa lagi, dan memang tidak semestinya, dijadikan instrumen kebijakan luar negeri… Kebebasan memilih adalah prinsip universal yang tidak ada pengecualiannya… Keragaman struktur sosio-politik yang telah tumbuh dalam dekade-dekade silam… mengisyaratkan harus dihargainya pandangan orang lain, adanya toleransi, kesiapan untuk menyaksikan fenomena berbeda yang tidak semestinya langsung diartikan buruk atau berbahaya…
MIKHAIL GORBACHEV
Saya adalah putra dari seorang pria berkulit hitam dari Kenya, dan seorang perempuan berkulit putih dari Kansas. Saya dibesarkan dengan bantuan seorang kakek kulit putih dan seorang nenek kulit putih… Saya pernah mengenyam pendidikan di sejumlah sekolah terbaik di Amerika, namun saya juga pernah hidup di salah satu negara termiskin di dunia. Saya menikahi seorang perempuan kulit hitam Amerika yang di dalam dirinya mengalir darah budak sekaligus darah pemilik budak… Saya takkan pernah lupa bahwa di negara lain mana pun di bumi ini kisah hidup saya tak mungkin terjadi …
BARACK OBAMA (A)

RESENSI BUKU: MAU KAYA? BACA… BISMILLAH

005Judul Buku : Mau Kaya? Baca… Bismillah
Penulis : Abdul Rachman Husein, Lc.
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2011

Ada kalimat yang menarik dalam obrolan saya dengan seorang kawan. Kebetulan topik yang didiskusikan adalah masalah kaya. Saya tersentak ketika dia berbicara bahwa kaya itu susah.
“Menurut ente kalo pengen kaya gimana?”
“Ya… bisnis.” Spontan saya pun langsung menjawabnya walaupun saya juga bukan seorang pengusaha seperti Bill Gates atau Waren Buffet tetapi saya tahu dua orang ini adalah contoh orang-orang paling kaya di dunia.
“Kalo gitu Bismillah, kita mulai berbisnis supaya cepet kaya.”
Kata-kata tersebutlah yang membuat saya jadi terkagum sehingga apa pun bentuk bisnisnya, bagaimanapun sistemnya, di mana pun tempatnya yang terpenting diawali dengan Bismillah terlebih dahulu. Dan memang di dalam Bismillah lah terkandung pola bisnis yang sangat bagus. Akhirnya saya pun mencoba menjabarkan bagi siapa saja yang ingin kaya maka bacalah BISMILLAH. (A)

RESENSI BUKU: THE AMAZING ISLAMIC LEGACY: MENAPAKI JEJAK KEJAYAAN ISLAM

The Amazing 001Judul Buku: The Amazing Islamic Legacy: Menapaki Jejak Kejayaan Islam
Penulis       : H. Endang Hendra, Lc.
Penerbit     : Cordoba
Tahun         : 2012

Michael H. Hart dalam bukunya The 100 menilai Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan.
Benda-benda peninggalan (arkeologi) sejarah pada masa Rasulullah Saw. dan khalifah menunjukkan sebuah fakta sejarah yang mengingatkan kembali sosok manusia agung Muhammad Saw. sebagai teladan sepanjang masa.
Suplemen ini mengungkap fakta sejarah peradaban Islam melalui peninggalan sejarah Rasulullah Saw. hingga kekhalifahan dan kota-kota peradaban pada masa lampau dan saat ini. Arsitektur Islam dengan bentuk, karakter dan keragamannya merupakan tolok ukur yang sangat penting dalam sejarah perkembangan dan kemajuan arsitektur di dunia.
Peninggalan militer muslim di masa kekhalifahan berupa benteng-benteng pertahanan yang megah dan kokoh menunjukkan teknologi militer yang sangat tangguh pada masa itu. Pada saat pemerintahan Umayyah, Cordoba menjadi ibukota Spanyol di bawah pemerintahan khalifah Islam dan dikenal tidak ada tandingannya di Eropa dalam hal kemajuan peradabannya. Cordoba pada saat itu juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan. Masjid Mezquita menjadi salah satu Warisan Dunia PBB dan disebut-sebut sebagai salah satu masjid yang tercantik dan terbesar di dunia. Museum Aya Sofia, Turki dulunya adalah masjid. Sebelum menjadi masjid, ia adalah gereja yang bernama Raghia Sopia. Usia bangunan ini sudah sangat tua, sekitar lima abad. Keindahan arsitekturnya begitu mengragumkan para pengunjung. Karenanya, jika berkunjung ke Istanbul, belum lengkap tanpa melihat kemegahan Aya Sofia. Di sinilah simbol pertarungan antara Islam dan non-Islam, termasuk di dalamnya nilai-nilai sekuler pasca runtuhnya Kekhalifahan Turki Usmani.
Ilmu Pengetahuan berkembang pesat pada masa Harun Ar-Rasyid dengan didirikannya Bait Al-Hikmah (Irak) sebagai pusat ilmu pengetahuan. Ini merupakan cikal bakal lahirnya disiplin ilmu seperti; teknik, arsitektur, matematika, astronomi, kedokteran, kesusasteraan, ilmu optik, filsafat, dan sebagainya. Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan sejarah Islam yang lebih lengkap dan dapat diungkap dalam suplemen ini. (A)

RESENSI BUKU: 10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses

10 ucapan org dahsayt 001Judul Buku : 10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses
Penulis        : Rich DeVos
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Tahun          : 2009

Sebagai pebisnis sukses, dermawan, dan motivator, Rich DeVos telah mempelajari pentingnya mempertahankan perilaku positif dan memberi dukungan kepada orang lain. Sekarang dengan pengetahuan dan kebijaksaaan yang telah ia dapatkan dari berbagai pengalaman dan orang berpengaruh yang ia temui, DeVos menawarkan’kepada Anda kunci yang telah ditemukannya untuk membuka potensi besar sepuluh ucapan sederhana pengubah kehidupan, yaitu:
1) “Saya salah”; 2) “Saya Minta Maaf”; 3) “Kau bisa melakukannya”; 4) “Saya yakin padamu”; 5) “Saya bangga padamu”; 6) “Terima kasih”; 7) “Saya membutuhkanmu”; 8) “Saya percaya padamu”; 9) “Saya menghormatimu”; 10)  “Saya mencintaimu”.
Hanya dengan menambahkan ucapan-ucapan itu ke dalam pereakapan sehari-hari, Anda akan terbantu dalam membina hubungan, memotivasi prestasi, menanamkan kepercayaan diri, dan mengubah perilaku Anda dalam kehidupan pekerjaan dan berkeluarga. (A)

Resensi Buku: Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi

membangun kecerdasan moralJudul Buku :Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi
Penulis         :Michele Borba, Ed.D.
Penerbit       :Gramedia Pustaka Utama
Tahun           :2008

Tidak sedikit orangtua zaman sekarang yang mengeluh anaknya bersikap kurang hormat pada orang lain, mudah tergoda bujukan teman untuk melenceng dari norma-norma sosial yang baik, melakukan kecurangan ketika mengerjakan ulangan alias menyontek. Dan dengan semakin terbukanya informasi lewat internet dan semakin meluasnya kepopuleran social networking di internet, anak-anak jelas semakin mudah terpapar pada tindakan moral yang keliru. Oleh karena itu, orangtua harus membekali anak dasar-pada dasar moral yang benar agar anak mampu memilah apa yang benar apa yang salah ketika menghadapi pergaulan di luar rumah.
Melalui buku ini, Michele Borba, Ed.D. menguraikan cara-cara membangun kecerdasan moral anak sedari anak masih kecil. Ada tujuh kebajikan utama yang disorot dalam buku ini. Ketujuh kebajikan yang menjadi landasan bagi orangtua untuk membentuk anak bermoral tinggi tersebut adalah:
Empati – mampu mengidentifikasi dan merasakan apa yang dirasakan orang lain
Nurani – mengetahui cara-cara yang benar dan bertindak sesuai dengan cara-cara tersebut
Kendali-diri – mengendalikan pikiran dan tindakan agar tindakan kita sesuai dengan norma-norma yang benar
Rasa hormat – menghargai orang lain dengan memperlakukan mereka dengan hormat
Kebaikan hati – memperlihatkan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain
Toleransi – menghormati martabat dan hak-hak semua orang
Adil – memilih untuk berpikiran terbuka dan bertindak berdasarkan prinsip keadilan
Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kasus dan tips-tips praktis yang dibutuhkan orangtua dalam mengasuh anak-anak dalam era internet yang semakin terbuka ini. (A)