RESENSI BUKU: JANGAN TAKUT NGOMONG (STRATEGI AGAR BERBICARA DI DEPAN UMUM

IMGJudul Buku : Jangan Takut Ngomong (Strategi Agar Berbicara Di Depan Umum
Penulis : Ivy Naistadt
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2005

Banyak di antara kita yang takut berbicara di depan umum. Membayangkannya saja terkadang sudah membuat jantung kita berdebar kencang. Kalaupun terpaksa melakukannya, kita akan mandi keringat dan tergagap-gagap, atau justru melantur tak keruan.
Menurut sebuah survei di Amerika Serikat, rasa takut berbicara di depan umum menempati urutan kedua setelah rasa takut terhadap ular! Tak heran bila kita berusaha dengan segala cara untuk menghindarinya, padahal perbuatan itu merugikan diri sendiri. Bagi para pekerja, mampu berbicara di depan satu orang atau lebih merupakan hal yang penting. Hal itu bisa berarti mendapatkan persetujuan dari atasan, meraih klien baru, bahkan memperoleh kenaikan gaji! Dan bagi orang-orang yang ingin menjadi pembicara dengan jumlah penonton yang lebih banyak, kemampuan ini jauh lebih penting lagi.
Dalam buku ini. Ivy Naistadt menyajikan proses yang unik dan sederhana untuk melawan ketakutan berbicara di depan umum yang selama ini mendera Anda. Program yang ditawarkannya begitu mudah diikuti dan bisa menolong Anda:
•  mengetahui masalah yang menyebabkan timbulnya rasa takut untuk berbicara di depan umum
•  mengembangkan dan menguasai teknik untuk mengatasi kecemasan saat berbicara
•  menggunakan keterampilan berbicara dalam berbagai kesempatan—seperti berpidato,  menghadapi wawancara, atau membawakan presentasi
•  tidak lupa mempersiapkan hal-hal kecil tetapi penting—seperti kabel, stop kontak multioutlet, adapter, dan baterai cadangan yang terisi penuh saat menggunakan laptop dan proyektor sebagai alat bantu presentasi
Tak peduli apa pun situasinya, buku ini akan memberikan senjata yang ampuh bagi Anda untuk menjadi pembicara yang efektif dan berpengaruh. Dan yang terpenting tidak takut berbicara di depan umum. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *