RESENSI BUKU: BENARKAH NABI KHIDIR MASIH HIDUP SAMPAI SEKARANG?

IMG_NEWJudul Buku : Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup Sampai Sekarang?
Penulis : M. Mahfudz
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2011

Ketika Rasulullah SAW wafat, datanglah masa takziyah. Orang-orang mendengar suara seseorang, tetapi tidak melihat sosoknya: “Assalamu’alaikum warahmatullahi Ahlal Bait, sesungguhnya Allah memiliki penghibur dari setiap musibah dan pengganti dari semua yang hilang. Maka percayakan hanya kepada Allah dan berharap hanya kepada-Nya. Sebab yang terkena musibah sebenarnya adalah orang yang terhalang dari pahala.” Lalu Sayidina Ali RA berkata: “Tahukah kalian, siapa orang itu! la adalah Khidir”.
Nama Khidir AS sangat populer, terutama terkait dengan peristiwanya bersama Nabi Musa AS. Masing-masing dari mereka menjadi representasi dari dua cara pandang yang berbeda dalam agama Islam, yakni formalistik (fiqh oriented) dan substantifistik (tasawuf oriented).
Popularitas Khidir AS ternyata tidak berbanding lurus dengan kejelasan hikayatnya. Tentu saja banyak faktor, antara lain adalah masih langkanya buku-buku berkualitas yang membahas tentang keberadaannya. Karena itu, buku yang ada di tangan pembaca ini bisa menjadi salah satu jawaban.
Secara garis besar, buku ini mendiskusikan polemik seputar Khidir AS, apakah beliau seorang Nabi atau orang saleh, apakah sudah wafat atau masih hidup sampai sekarang. Semua pertanyaan tersebut akan pembaca dapatkan di dalam buku ini. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *