RESENSI BUKU: TEKNOLOGI PENGAWETAN PANGAN

teknologi pengawetan panganJudul Buku : Teknologi Pengawetan Pangan
Penulis : Dr. Ir. Leni Herliani Afrianti, MS.
Penerbit : Alfabeta
Tahun : 2014

Makanan sebagai kebutuhan dasar manusia untuk hidup harus selalu tersedia baik dalam bentuk yang masih mentah atau yang sudah diolah. Secara alami, makanan mengalami suatu proses kerusakan yaitu secara fisik, mekanik, kimia sampai kebusukan akibat mikroorganisme, sehingga memunculkan pertanyaan mengapa makanan mudah rusak? Apa penyebabnya? Bagaimana menanggulanginya serta metode apa yang dapat mengawetkan makanan?
Buku ini mengulas secara rinci mengenai teknologi pengawetan makanan, mulai dari munculnya resiko, kerusakan   pangan,   metode-metode   untuk mengawetkan makanan seperti pengeringan, pendinginan, pembekuan, penggunaan suhu tinggi, penggunaan bahan makanan yang aman, dan iradiasi makanan.
Bagi mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu pengenai teknologi pengawetan tentunya membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara mengawetkan makanan segar atau yang akan diolah atau yang sudah dimasak. Para pengusaha di bidang makanan baik industri rumah tangga atau industri makanan berskala menengah ke atas yang membutuhkan rujukan-rujukan bagaimana cara mengawetkan makanan mulai dari pasca panen, resiko yang dialami bahan makanan terhadap kerusakan hingga bagaimana mengawetkan makanan yang diolah, buku ini tepat dijadikan acuan atau tambahan ilmu pengetahuan mengenai Teknologi Pengawetan makanan. (A)