Monthly Archives: May 2017

RESENSI BUKU: CARE YOURSELF STROKE

Care Yourself StrokeJudul Buku : Care Yourself Stroke
Penulis : dr. Wening Sari, M. Kes., dkk.
Penerbit :    Penebar Plus
Tahun : 2008

Faktor risiko yang berhubungan dengan stroke dan penyakit pembuluh darah arteri (yakni faktor umur dan genetik) memang tidak dapat diubah. Namun, banyak faktor risiko penting lainnya yang dapat diubah, misalnya dengan memperbaiki pola hidup. Jika Anda sudah terlanjur terkena stroke, jangan khawatir. Buku ini menyajikan beberapa cara untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit pascastroke, misalnya dengan terapi herbal, olahraga, terapi diet, akupresur, hingga yoga dan meditasi. Selain itu, terapi rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tubuh pascastroke juga sangat diperlukan, misalnya dengan latihan gerak pasif, latihan gerak active assisted, latihan aktif, latihan penguatan, dan latihan aktivitas keseharian.
Buku ini juga mengulas tuntas manual handling untuk para pendamping pasien pascastroke, hidroterapi sebagai terapi rehabilitatif, dan kiat mengatasi disfungsi seksual pascastroke. (A)

RESENSI BUKU: SUCCESS PROTOCOL

success protocolJudul Buku : Success Protocol
Penulis : Ippho Santosa
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2016

Selama ini, dunia profesional dan dunia spiritual seolah-olah sulit disatukan. Kalaupun disatukan, yang terlihat hanyalah tempelan atau kemasan. Nah, buku ini dengan Rumus 7i coba menjawab tantangan berat itu. Menyatukan. Sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
– Kapan kerja itu bernilai ibadah? Kapan bernilai sia-sia?
– Bagaimana mengatasi rutinitas kerja yang membosankan?
– Saat digaji Rp 5 juta, tapi nilai kerja kita hanya Rp 3juta, apa akibatnya?
– Berhenti   sejenak   saat   bekerja   bukanlah   buang-buang   waktu, benarkah?
– Apa yang membuat karyawan tak terlalu menuntut pada perusahaan?
– Apa saja dampak sholat dalam karier, bisnis, dan kehidupan?
– Adakah micro chip yang merekam seluruh pekerjaan manusia?
– Bagaimana menanamkan doktrin Sang Pemenang setiap harinya?
– Bagaimana mengatasi utang yang melilit dan masalah yang membelit?
– Bagaimana menghadapi stress, tekanan, dan kegagalan?
– Bagaimana membangun network dan apa manfaat tersembunyi network?
– Silaturahmi seperti apa yang bisa mengundang rezeki?
– Siapakah mentor-mentor Nabi Muhammad?
Selain itu buku ini juga memuat celetukan dan pertanyaan khas sufi. Misalnya, bolehkah muslim sholat di gereja? Bolehkah non muslim masuk ke masjid? Benarkah ada 6 sholat wajib sehari semalam? Dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya manfaat dari buku ini, teramat sayang terlewatkan. Karyawan atau pengusaha, pastikan Anda dan tim Anda turut membacanya. (A)

RESENSI BUKU: TEKNOLOGI PENGAWETAN PANGAN

teknologi pengawetan panganJudul Buku : Teknologi Pengawetan Pangan
Penulis : Dr. Ir. Leni Herliani Afrianti, MS.
Penerbit : Alfabeta
Tahun : 2014

Makanan sebagai kebutuhan dasar manusia untuk hidup harus selalu tersedia baik dalam bentuk yang masih mentah atau yang sudah diolah. Secara alami, makanan mengalami suatu proses kerusakan yaitu secara fisik, mekanik, kimia sampai kebusukan akibat mikroorganisme, sehingga memunculkan pertanyaan mengapa makanan mudah rusak? Apa penyebabnya? Bagaimana menanggulanginya serta metode apa yang dapat mengawetkan makanan?
Buku ini mengulas secara rinci mengenai teknologi pengawetan makanan, mulai dari munculnya resiko, kerusakan   pangan,   metode-metode   untuk mengawetkan makanan seperti pengeringan, pendinginan, pembekuan, penggunaan suhu tinggi, penggunaan bahan makanan yang aman, dan iradiasi makanan.
Bagi mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu pengenai teknologi pengawetan tentunya membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara mengawetkan makanan segar atau yang akan diolah atau yang sudah dimasak. Para pengusaha di bidang makanan baik industri rumah tangga atau industri makanan berskala menengah ke atas yang membutuhkan rujukan-rujukan bagaimana cara mengawetkan makanan mulai dari pasca panen, resiko yang dialami bahan makanan terhadap kerusakan hingga bagaimana mengawetkan makanan yang diolah, buku ini tepat dijadikan acuan atau tambahan ilmu pengetahuan mengenai Teknologi Pengawetan makanan. (A)