Monthly Archives: April 2017

RESENSI BUKU: TERAPI MAKANAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT

Terapi MakananJudul Buku : Terapi Makanan Upaya Pencegahan Penyakit
Penulis : Dini Nuris Nuraini
Penerbit : Gava Media
Tahun : 2014

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit, namun sebagian besar penyakit bersumber dari perut. Oleh karena itu, mencegahnya mulai dari perut pun sangatlah penting. Di sisi lain, biaya pengobatan seringkali mahal. Alangkah baiknya jika kita bisa menjaga diri agar jangan sampai sakit.
Buku ini saya tujukan untuk itu, yaitu upaya pencegahan penyakit melalui pola makan dan pola hidup yang sehat. Melalui buku ini kita bisa mengetahui lebih jauh tentang zat-zat gizi, makanan yang halal dan baik, seberapa banyak kebutuhan kita akan makanan dan minuman, bagaimana etika dan kebiasaan makan yang baik, waktu makan dan minum yang baik, serta tips-tips di dalam pemilihan bahan makanan, pengolahannya, dan lain-lain. Mungkin tak banyak juga orang yang tahu bahwa ada makanan-makanan tertentu yang tidak boleh dimakan bersamaan. Kesemuanya itu saling berhubungan di dalam menghindarkan kita dari penyakit. Saya sertakan pula beberapa contoh terapi makanan, yaitu terapi air, terapi puasa, terapi berdasarkan golongan darah dan terapi asam-basa.
Tubuh kita sebenarnya memiliki seperangkat sistem pertahanan yang bisa mencegah/melawan penyakit. Dengan memperbaiki makanan dan cara makan kita diharapkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih baik, sehingga bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Buku ini sangat cocok digunakan oleh para pemerhati kesehatan dan orang yang ingin hidupnya lebih sehat. Semoga bermanfaat. (A)

RESENSI BUKU: ATASI JERAWAT DENGAN EKSTRAK KULIT MANGGIS

atasi jerawatJudul Buku : Atasi Jerawat Dengan Ekstrak Kulit Manggis
Penulis : dr. Toni Sutono, MPH., Msi.
Penerbit : Kompas
Tahun : 2014

Banyak orang menganggapnya sepele. Padahal, kalau sudah kronis, jerawat bisa mengakibatkan kerusakan ginjal, jantung, dan sendi. Khusus pada remaja, jerawat kronis yang meninggalkan bekas jaringan parut di wajah, bisa menimbulkan gangguan estetika dan psikologis, seperti kegelisahan dan depresi. Karenanya, kasus jerawat perlu diatasi.
Selain menggunakan pengobatan kedokteran konvensional, menjaga kebersihan tubuh serta menjaga pola tidur dan pola diet juga merupakan langkah tepat untuk atasi jerawat. Lebih efektif lagi jika ditambah dengan memanfaatkan pengobatan herbal, yaitu mengkonsumsi ekstrak (sari) kulit buah manggis.
Ekstrak kulit buah manggis yang mengandung senyawa aktif xanthone dengan aktivitas anti-oksidan, anti-bakteria, dan anti-inflamasi, dapat menunjang terapi medis untuk jerawat. Ekstrak kulit buah manggis pun sudah banyak tersedia di pasaran. Tetapi, yang manakah pilihan yang terbaik? Ikuti petunjuknya di buku ini. (A)

RESENSI BUKU: DR. ZAKIR NAIK (DOKTER YANG MENGISLAMKAN RATUSAN RIBU ORANG

dr. zakir naikJudul Buku : Dr. Zakir Naik (Dokter yang Mengislamkan Ratusan Ribu Orang
Penulis : Albi K., dkk.
Penerbit : Mutiara Media
Tahun : 2016

• Siapakah yang menciptakan Tuhan?
• Bagaimana menjelaskan kebenaran Islam kepada orang ateis?
• Bagaimana cara membuktikan secara sains bahwa al-Qur’an adalah firman Allah SWT.?
Ada banyak pertanyaan yang berhasil dijawab Dr. Zakir Naik dengan argumen-argumen logis yang membuat penanyanya puas dan kagum.
Siapa sebenarnya Dr. Zakir Naik? Bagaimana dia bisa menghafal berbagai kitab suci, antara lain: al-Qur’an, berbagai kitab hadis sahih, Injil, Weda, Tripitaka, Bhagavad Gita, dan Iain-Iain?
Buku ini menampilkan biografi Dr. Zakir Naik. Memuat perjalanan hidup dan perjuangan dakwahnya, juga pandangan-pandangannya tentang berbagai ilmu pengetahuan, rahasia hafalannya, hukum-hukum yang berkaitan dengan fiqih, karya-karya dan pencapaiannya, dan Iain-lain.
Semoga buku ini bisa memberikan pelajaran bagi kita semua tentang Islam yang damai, seperti yang didakwahkan oleh Dr. Zakir Naik. (A)