Monthly Archives: December 2016

RESENSI BUKU: API TAUHID

API TAUHIDJudul Buku : Api Tauhid
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Tahun : 2016

“Kehadiran novel Api Tauhid ini sangat pas dengan perkembangan dunia Islam saat ini. Pada saat dunia Islam dihadapkan pada persoalan radikalisme dan kaburnya orientasi peradaban.
Kekuatan sebuah novel sejarah tentu terletak pada kemampuannya dalam menampilkan peristiwa sejarah secara indah dan menawan. Novel menjadi sarat dengan hikmah sejarah yang berfungsi untuk menjadikan peristiwa masa lalu sebagai pengingat dan pelajaran bagi generasi sesudahnya. Sejarah yang merupakan pengalaman masa lalu (mati) dalam novel ini menjadi hidup kembali (living history), memberikan ibrah yang luar biasa. Inilah yang dihidangkan novel Api Tauhid ini.
Kemampuan untuk menghidupkan kembali peristiwa di balik tokoh berpengaruh dan penuh “keajaiban”, Sang Mujaddid Badiuzzaman Said Nursi, merupakan daya tarik tersendiri dari novel ini.
Siapa pun yang mengidamkan dan ingin mewujudkan pertemuan berbagai peradaban yang berbeda-beda itu dalam balutan cinta dan penuh perdamaian – bukan pertentangan dan permusuhan {clash of civilization}- harus membaca novel Api Tauhid ini. (A)

RESENSI BUKU: JANGAN TAKUT GAGAL!

JANGAN TAKUT GAGALJudul Buku : Jangan Takut Gagal!
Penulis : Aldilla Dharma
Penerbit : QultumMedia
Tahun : 2016

Pernah nggak sih punya keinginan berubah menjadi lebih baik tapi tak tahu dari mana harus memulai? Atau, pernah nggak ragu-ragu dan kurang percaya diri saat ingin berhijrah?
Banyak yang bilang kalau berubah itu sulit. Banyak tantangannya. Mungkin benar. Tapi, bukankah tak ada yang mustahil jika kita mau bersungguh-sungguh? Dan, bukankah jika tujuannya demi menjalankan perintah agama maka kesulitan adalah hal yang biasa?
Buku Jangan Takut Gagal! berisi motivasi dan langkah-langkah yang perlu kita ambil untuk mengubah diri kita menjadi pribadi yang baru dan lebih baik. Uraian penulis tentang realita, tantangan, dan bagaimana merespon semua itu membuat buku ini sangat cocok menjadi ‘teman perjalanan’ kita.
Kegagalan yang sesungguhnya hanya milik mereka yang takut untuk melangkah. Bukankah begitu? (A)

RESENSI BUKU: PUSARAN ENERGI KA’BAH

Pusaran Energi Ka’bahJudul Buku : Pusaran Energi Ka’bah
Penulis : Agus Mustofa
Penerbit : Padma Press
Tahun : 2016

“Pak, kenapa sih kita mesti pergi haji ketanah suci..?”. Sebuah pertanyaan sederhana dan kritis dari seorang mualaf tersebut ternyata membutuhkan jawaban yang tidak sesederhana pertanyaannya. Tidak ingin memberi jawaban biasa yang akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan lain, maka penulis lantas menceburkan diri dalam sebuah diskusi panjang lebar dengan sang mualaf tentang makna haji yang kemudian dituangkan dalam buku ini. Islam bukan agama dogma, tidak ada paksaan dalam beragama. Dengan demikian penulis juga ingin membangun diskusi bukan hanya dengan mualaf tadi, tetapi juga dengan pembacanya. Serial pertama dari seri buku Diskusi Tasawuf Modern ini berjudul Pusaran Energi Ka’bah, ditulis oleh seorang Insinyur Teknik Nuklir lulusan UGM, Yogyakarta. Penulis yang juga adalah anak Mursyid Tarekad di zaman Bung Karno, Syekh Djapri Karim, selama setahun tinggal di Kairo Mesir untuk mengasah dan memperdalam pemikiran keagamaannya yang dikenal kristis & kontroversial. Dengan pendekatan lewat ayat-ayat Al Quraan serta ayat kauniyah yang tersebar di seantero alam ini, buku ini mengajak pembacanya ikut melakukan perenungan tentang penciptaan langit dan bumi, pergantian siang dan malam yang jika didalami dari sisi ilmu pengetahuan maka akan memahami kedahsyatan ciptaan Allah di alam semesta. (A)