Monthly Archives: September 2016

RESENSI BUKU: PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA

EJAAN BAHASAJudul Buku : Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
Penulis : Risha Nillas, S.Pd. & Hayatun Nufus, S.Pd.
Penerbit : WahyuMedia
Tahun : 2016

Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ini merupakan edisi terbaru berdasarkan PERMENDIKBUD No.50 Tahun 2015 yang dilengkapi dengan pengetahuan tentang PERIBAHASA, SAJAK, PUISI, PROSA, DRAMA, MAJAS, SINONIM-ANTONIM, dan KATA BAKU-TIDAK BAKU. Sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, buku ini lengkap dan cocok untuk pelajar, mahasiswa dan umum.
Buku ini telah disusun secara praktis dan sistematis sehingga mudah untuk dipelajari. Materi yang diperlukan untuk menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar tersedia dalam buku ini. (A)

RESENSI BUKU: KREASI KOLASE, MONTASE, MOZAIK SEDERHANA

Kreasi montaseJudul Buku : Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana
Penulis : Syakir Muharrar & Sri Verayanti
Penerbit : Esensi
Tahun : 2013

Buku “Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana” ini disusun sebagai salah satu media pengayaan seni rupa sederhana yang secara khusus berisi konsep singkat tentang kolase, montase, dan mozaik berikut berbagai contoh dan panduan praktis pembuatannya. Sebenarnya, keterampilan kreasi ini, baik kolase, montase, maupun mozaik, sangat diperlukan guru, mengingat selain menjadi kebutuhan dalam pembelajaran, kegiatan tersebut sering kali menjadi kegiatan yang dikompetisikan di antara guru-guru, sehingga diperlukan pemahaman yang lebih jauh. Konsep, contoh hasil karya, dan petunjuk praktis langkah pembuatannya disajikan dalam buku ini secara sederhana sehingga diharapkan dapat lebih mudah dipahami, khususnya bagi guru PAUD/TK dan SD, termasuk mahasiswa PGPAUD dan PGSD sebagai calon guru PAUD/TK dan SD. (A)

RESENSI BUKU: PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SMA

pendidikan karakter mapel agama islamJudul Buku : Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk SMA
Penulis : Dian Lestari, S.Ag. dan Drs. Hamid Supriyatno
Penerbit : MAARIF Institute for Culture and Humanity
Tahun : 2012

Manusia hidup di dunia diberi amanah oleh Allah SWT., yakni menjadi khalifah fi al-ard (pemimpin di bumi). Manusia yang diserahi fungsi pengelola bumi  ini  berusaha  untuk  bagaimana  dapat  menjalankan  fungsi  ini  dengan sebaik-baiknya menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya termasuk mengkaji dirinya sendiri dengan segala aspeknya. Pada hakekatnya manusia mempunyai potensi fujur dan taqwa.
Ketakwaan yang dimiliki manusia, maka akan melahirkan karakter yang baik. Manusia yang   mempunyai karakter yang baik, apabila diberi amanah menjadi pemimpin sebuah negara, maka negara tersebut akan dikelola menjadi negara yang adil dan makmur. Sebaliknya, jika manusia mempunyai karakter buruk,  maka  tunggulah kehancuran.  Menyadari begitu  pentingnya  karakter bangsa yang harus dimiliki manusia, para founding father (bapak pendiri bangsa) paling tidak ada tiga tantangan besar yang harus dihadapi, pertama, mendirikan negara yang bersatu dan berdaulat. Kedua, membangun bangsa. Ketiga, pembangunan karakter bangsa (nation and character building). Ketiga tantangan tersebut dalam pelaksanaannya membutuhkan kerjasama  semua  komponen baik  pemerintah  maupun setiap warga negara. Dari ketiga hal tersebut yang sekarang menjadi sorotan publik adalah membangun karakter bangsa.
Saatnya sudah tidak boleh kekerasan ditanamkan atau disemaikan di sekolah. Melalui pendidikan karakter, peserta didik dikenalkan dengan nilai-nilai ketuhanan, keilmuan, dan kebangsaan. (A)