Monthly Archives: May 2016

RESENSI BUKU: BERTANAM SAYURAN HIDROPONIK ALA PAKTANI HYDROFRAM

bertanam sayuran hidroponikJudul Buku : Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofram
Penulis : Heru Agus Hendra (Paktani Hydofarm)
Penerbit : PT. AgroMedia Pustaka
Tahun : 2014

Berkembangnya tren urban farming di perkotaan sejalan dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap hidroponik. Buku ini cocok bagi para hobiis dan pelaku usaha agrobisnis yang ingin memulai bertanam secara hidroponik. Ditulis berdasarkan pengalaman penulis dalam memilih, merancang, merakit, dan merawat sayuran hidroponik yang mudah diaplikasikan oleh siapa pun. Bahasan di dalamnya mencakup berbagai hal mengenai hidroponik secara praktis, antara lain sebagai berikut.
■ Merakit aneka sistem hidroponik, seperti Nutrien Film Technique (NFT), Wick System, Floating System, Ebb and Flow, dan Drip Irigation
■ Membuat sendiri larutan nutrisi
■ Memilih ragam jenis sayuran yang bernilai jual tinggi
■ Mengoptimalkan perawatan sayuran hidroponik
■ Tip dan trik mengatasi berbagai problem hidroponik. (A)

RESENSI BUKU: MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Membangun karakter siswaJudul Buku : Membangun Karakter Siswa
Penulis : Drs. Hudiyono, M.Si.
Penerbit : Esensi
Tahun : 2012

Disadari atau tidak, moral generasi muda kita saat ini sedikit demi sedikit mulai tergerus. Pendidik dan orang tua semakin cemas, apakah generasi muda saat ini mampu membawa kemajuan bagi negara di masa yang akan datang. Beberapa contoh perilaku negatif yang sering terjadi adalah tawuran antarsiswa yang membawa korban, perilaku seks bebas, dan penggunaan narkoba. Siswa kehilangan figur keteladanan dan karakternya sebagai insan kamil. Jika situasi ini terus menerus dibiarkan akan ada generasi yang hilang (the lost generation).
Buku ini berisi alternatif solusi atas dekadensi moral yang melanda remaja saat ini, yang disusun berdasarkan pengamatan, pengalaman, micro research, dan praktik secara langsung penulis sebagai praktisi dan konsultan pendidikan. Solusi yang ditawarkan buku ini berasal dari dua sumber, yaitu profesionalisme seorang guru sebagai figur teladan siswa dan kegiatan pramuka yang sarat akan nilai-nilai karakter bangsa, namun selama ini belum dikembangkan dengan baik. (A)

RESENSI BUKU: SERI KETERAMPILAN PRAMUKA TALI-TEMALI

Tali-temaliJudul Buku : Seri Keterampilan Pramuka Tali-Temali
Penulis : Israr Ardiansyah
Penerbit : Esensi
Tahun : 2013

Dalam Pramuka, tali bukanlah pelengkap seragam Pramuka. Tali harus bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan yang dapat meningkatkan kecakapan hidup (life skill) anggota Pramuka, mulai dari tingkatan Siaga hingga Pandega. Pengetahuan dan keterampilan dalam tali-temali akan membantu anggota Pramuka dalam kegiatan perkemahan, penjelajahan, outdoor survival, dan lain-lain.
Buku ini memaparkan secara rinci berbagai fungsi tali yang digunakan dalam kegiatan kepramukaan; langkah demi langkah pembuatan simpul, anyaman, dan ikatan melalui ilustrasi foto yang menarik; serta beberapa aplikasi tali-temali yang sering dipraktikkan oleh anggota Pramuka. Buku ini adalah buku pertama yang membahas tali-temali melalui penyajian yang eksklusif (dilengkapi CD praktik tali-temali). (A)