Monthly Archives: April 2016

RESENSI BUKU: MENGENAL GERAKAN PRAMUKA

mengenal gerakan pramukaJudul Buku : Mengenal Gerakan Pramuka
Penulis : Tim Esensi
Penerbit : Esensi
Tahun : 2012

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti “Rakyat Muda yang Suka Berkarya”. Gerakan Pramuka di Indonesia telah dimulai sejak lama sekali, yakni sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan didirikan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta.
Jika kamu tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai Gerakan Pramuka, buku ini adalah bacaan terbaik untukmu. Di dalam buku ini, kamu bisa mengetahui sejarah Pramuka, pendiri, struktur organisasinya, kegiatan apa saja yang dilakukan, seragamnya, dan lain-lain. Pengetahuan mengenai kecakapan umum yang diketahui oleh pramuka juga dipaparkan secara lengkap dan jelas di buku ini, antara lain tentang semaphore, morse, tali-temali, kompas dan mata angin, cara membaca peta, lagu-lagu, dan sebagainya. (A)

RESENSI BUKU: MENGUAK IKLIM INVESTASI INDONESIA PASCAKRISIS

menguak iklim investasiJudul Buku :    Menguak Iklim Investasi Indonesia Pascakrisis
Penulis : Dr. Johnny W. Situmorang, M.S.
Penerbit : Esensi
Tahun : 2011

Setelah dihempas krisis ekonomi, pemulihan perekonomian Indonesia berjalan sangat lambat. Salah satu penyebabnya adalah iklim investasi yang suram. Padahal, negara-negara lain yang sama-sama terkena krisis dapat memulihkan iklim investasinya dalam beberapa tahun saja dan kini sudah menjadi negara tujuan investasi dunia. Sampai sekarang, arus investasi langsung asing (foreign direct investment) tidak banyak masuk ke Indonesia. Investasi langsung nasional juga tidak cukup untuk mendukung pemulihan krisis. Mengapa?
Didukung data dan analisis yang tajam, buku ini mengungkap kondisi riil iklim investasi di Indonesia secara komprehensif. Buku ini antara lain menyoroti:
• Investasi   langsung   asing   dan   kerja   sama internasional
• Keamanan dan penegakan hukum
• Perburuhan
• Intervensi pemerintah dan politisasi pasar
• Arah kebijakan investasi ke depan
• Dll.
Buku ini sangat berguna bagi akademisi, praktisi, dan pengambil kebijakan, bahkan masyarakat luas yang ingin menambah wawasan mengenai investasi di Indonesia. (A)

RESENSI BUKU: MI FAVORIT

mi favoritJudul Buku : Mi Favorit
Penulis : Linda F. Adimidjaja
Penerbit : Esensi
Tahun : 2013

Hidangan mi, yang konon berasal dari negeri China, ternyata juga populer di Indonesia, bahkan sudah menjadi bagian dari khazanah kuliner Nusantara. Hampir setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki hidangan mi yang khas, seperti Mi Kocok Bandung, Mi Juhi Betawi, Mi Celor Palembang, Mi Siram Medan, dan lain-lain. Dengan pengaruh bumbu khas masing-masing daerah, hidangan mi pun semakin bervariasi kelezatannya. Hadirkan kelezatan Mi Favorit Nusantara di meja makan Anda, nikmati bersama keluarga dan handai tolan. (A)