Monthly Archives: March 2016

RESENSI BUKU: BIMBINGAN KARIER UNTUK PELAJAR MUSLIM

IMGJudul Buku : Bimbingan Karier Untuk Pelajar Muslim
Penulis : Tuwuh Trisnayadi
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2013

Pada dasarnya setiap manusia ingin hidup bahagia baik lahir maupun batin, di dunia maupun di akhirat. Salah satu unsur kebahagiaan hidup adalah memiliki pekerjaan mapan yang diridhai Allah SWT, sehingga karunia dan rezeki dari-Nya didapat secara maksimal.
Untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan, seseorang dituntut mempunyai kompetensi (keahlian) yang mumpuni. Sebelum sampai ke sana, terlebih dahulu seseorang harus melalui jenjang pendidikan, dan untuk melewatinya diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Banyak tantangan dan cobaan yang harus diatasi.
Buku ini disusun untuk memecahkan masalah yang dialami oleh para pelajar Muslim dalam mewujudkan cita-citanya dengan mengatasi segala tantangan dan cobaan yang ada. Berbagai langkah dan tips jitu diulas sebagai bekal yang bermanfaat bagi para pelajar yang ingin mengenal dunia kerja dan mewujudkan hidup bahagia yang Islami. (A)

RESENSI BUKU: IMAM SYAFI’I PELOPOR FIKIH DAN SASTRA

IMAM SYAFI'IJudul Buku : Imam Syafi’i Pelopor Fikih dan Sastra
Penulis : Dr. Muhammad Ibrahim al-Fayyumi
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Syafi’i memang dikaruniai kecerdasan istimewa, kemampuan nalar dan gaya bahasa yang luar biasa. Pada usia 20 tahun ia sudah hafal kitab “al-Muwaththa”‘ karya monumental Imam Malik. Imam Malik mengagumi kehebatan Syafi’i sembari berkata; “Wahai Muhammad (Syafi’i), sesungguhnya Allah telah memancarkan cahaya ke hatimu, maka jangan engkau sia-siakan cahaya itu dengan berbuat maksiat. Esok akan banyak orang yang berdatangan untuk belajar kepadamu.”
Pujian Imam Malik benar menjadi kenyataan. Syafi’i kemudian menjadi Imam Madzhab panutan umat di berbagai belahan dunia Islam, termasuk Indonesia. Tetapi, seberapa banyak umat Islam Indonesia yang sudah mengenal pribadi Imam yang unik ini? (A)

RESENSI BUKU: CATATAN SATU DEKADE KRISIS

catatan satu dekade krisisJudul Buku : Catatan Satu Dekade Krisis
Penulis : Faisal Basri
Penerbit : Esensi
Tahun : 2009

Sudah lebih dari satu dasawarsa sejak Indonesia terjerembab ke dalam krisis moneter yang kemudian meruyak menjadi krisis ekonomi secara keseluruhan. Apakah krisis itu sudah berlalu dan kondisi perekonomian Indonesia sudah menjadi lebih baik? Faktanya, dibandingkan dengan negara-negara lain yahg juga dihantam krisis sejak tahun 1997, Indonesia paling lambat menjalani koreksi dan pemulihan. Sementara negara-negara lain sudah mulai bisa berlari beberapa tahun setelah krisis, Indonesia masih tertatih-tatih.
Negara-negara lain lebih cepat pulih karena memiliki struktur ekonomi (dan politik) yang lebih baik dan kokoh. Sementara Indonesia terhambat oleh sistem politik yang tertutup dan otoriter, birokrasi yang kelewat gemuk dan korup, penegakan hukum yang sangat lemah, korupsi di segala bidang, berkembangnya sistem kapitalisme semu yang lebih mencuatkan pola-pola ekonomi rente, struktur perbankan yang sangat lemah, sektor riil yang kurang mendapatkan perhatian, dan sebagainya. Itu semua merupakan fakta lama yang sudah sama-sama kita ketahui.
Fakta barunya adalah telah terjadi berbagai perubahan mendasar yang merombak bangunan ekonomi Indonesia sehingga memunculkan masalah dan kerawanan-kerawanan baru. Celakanya, masih banyak dari kita yang belum menyadarinya sehingga masalah-masalah itu cenderung tak terlihat dan terabaikan.
Buku ini bertujuan untuk membantu kita memahami perkembangan yang ada serta mencermati langkah-langkah pemerintah yang telah dan akan diambil untuk mengatasinya. Dengan demikian kita bisa mengetahui apakah pemerintahan yang sekarang dan yang akan datang benar-benar serius atau tidak dengan janji-janjinya untuk menyehatkan dan menggairahkan ekonomi demi meningkatkan taraf hidup rakyat. Pemberdayaan diri kita, termasuk dalam memahami situasi ekonomi yang ada, merupakan bagian penting dari usaha kita menjadi masyarakat madani. (A)