Monthly Archives: January 2016

RESENSI BUKU: SENARAI PEMIKIRAN SULISTYO BASUKI: PROFESOR PERTAMA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI DI INDONESIA

sulistyo basukiJudul Buku : Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki: Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan dan Informasi Di Indonesia
Penulis : Farli Elnumeri, dkk.
Penerbit : ISIPII
Tahun : 2014

Lebih dari 60 tahun, sejak tahun 1952, di dunia keilmuan Perpustakaan dan Informasi, baru satu orang Indonesia yang telah mencapai gelar Profesor. Gelar ini diberikan kepada Sulistyo Basuki yang merupakan pengajar di Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia.
Sampai usia 73 tahun, beliau terus mengabdikan dirinya membimbing para mahasiswa di pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Saat ini tidak saja membimbing kampus yang telah membesarkan beliau, namun juga di berbagai jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di berbagai universitas di Indonesia.
Untuk itulah, sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap dedikasi Prof. Dr. Sul;styo Basuki, M.SLS., Ph.D dalam dunia Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, Ikatan Sarjana Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) menerbitkan buku ini.
Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki berisi tulisan-tulisan beliau yang tersebar di berbagai forum diskusi, seminar, dan pelatihan. Berbagai tulisan disajikan dalam 9 bab yakni kajian keilmuan perpustakaan informasi, potret pendidikan perpustakaan dan informasi, seluk-beluk koleksi dan pengelolaannya; pelayanan dan sumber daya perpustakaan, transformasi teknologi, perpustakaan dan masyarakat, jejaring perpustakaan dan kerja bersama pustakawan, perihal kearsipan dan arsiparis, serta jejak langkah perpustakaan dan kepustakawanan Indonesia. Buku ini tepat bagi yang ingin menjelajahi cakrawala pemikiran Sulistyo Basuki, profesor petama di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. (A)

RESENSI BUKU: BUKU SISWA AKTIF DAN KREATIF BELAJAR GEOGRAFI 3 UNTUK KELAS XII SMA/MA (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)

buku siswa geografiJudul Buku : Buku Siswa Aktif Dan Kreatif Belajar Geografi 3 Untuk Kelas XII SMA/MA (Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial)
Penulis : Lili Somantri & Nurul Huda
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Tahun : 2015

Geografi merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa SMA/MA karena Geografi merupakan ilmu yang mengkaji tentang bumi beserta isinya. Sebagai sebuah ilmu, Geografi merupakan pengetahuan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis.
Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 3 untuk Kelas XII SMA/MA Peminatan llmu-llmu Sosial ini terdiri atas lima bab, yaitu Penginderaan Jauh untuk Tata Guna Lahan dan Transportasi; Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis untuk Pembangunan; Interaksi Spasial Desa dan Kota; Percepatan Pertumbuhan Wilayah; serta Kajian Regional dan Interaksi antara Negara Berkembang dan Negara Maju.
Buku ini ditata dengan format yang menarik dan didukung dengan penggunaan bahasa yang sederhana, sesuai dengan tingkatan kognitif siswa sehingga siswa lebih mudah memahaminya. Dengan mempelajari buku ini, diharapkan para siswa mampu mengapresiasikan ilmu Geografi secara teori maupun praktik dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini telah mengakomodasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Semoga dengan menggunakan buku ini, siswa lebih aktif dan kreatif dalam mempelajari Geografi. (A)

RESENSI BUKU: BUKU SISWA AKTIF DAN KREATIF BELAJAR FISIKA 3 UNTUK KELAS XII SMA/MA (PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM)

buku siswa fisikaJudul Buku : Buku Siswa Aktif Dan Kreatif Belajar Fisika 3 Untuk Kelas XII SMA/MA (Peminatan Matematika Dan Ilmu-Ilmu Alam)
Penulis : Ketut Kamajaya & Wawan Purnama
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Tahun : 2015

Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang materi atau zat yang meliputi sifat fisis, komposisi, perubahan, dan energi yang dihasilkannya. Oleh karena itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak lepas dari ilmu Fisika sebagai salah satu ilmu dasar.
Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 untuk Kelas XII SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu-llmu Alam ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini terdiri atas dua belas bab, yaitu Gelombang Bunyi; Gelombang Cahaya; Rangkaian Arus Searah; Listrik Statis; Medan Magnetik; Induksi Faraday; Rangkaian Arus Bolak-Balik; Radiasi Elektromagnetik; Konsep dan Fenomena Kuantum; Teknologi Digital; Inti Atom dan Radioaktivitas; serta Sumber Daya Energi.
Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 ini kami perkaya dengan nilai karakter budaya bangsa yang kami integrasikan dalam materi pembelajaran, tugas, dan kolom pengayaan. Semua itu kami maksudkan untuk memotivasi siswa agar membudayakan sikap dan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa tidak hanya cerdas dalam bidang pelajaran, tetapi juga cerdas dan unggul dalam berperilaku. Buku Siswa Aktifdan Kreatif Belajar Fisika 3 ini telah mengakomodasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Semoga dengan menggunakan buku ini, siswa dapat lebih aktifdan kreatif dalam mempelajari Fisika. (A)