Monthly Archives: October 2015

RESENSI BUKU: SEJARAH PEMBELAJARAN SEJARAH INTERAKTIF 2 & 3 UNTUK KELAS XI & XII SMA DAN MA

IMGIMG_0001Judul Buku : Sejarah Pembelajaran Sejarah Interaktif 2 & 3 untuk Kelas XI & XII SMA dan MA
Penulis : Herimanto & Eko Targiyatmi
Penerbit : Platinum
Tahun : 2014

Dengan buku Sejarah Pembelajaran Sejarah Interaktif Jilid 2 dan Jilid 3 ini Anda akan diajak untuk mempelajari peristiwa masa lampau dengan lebih mendalam. Melalui pengamatan terhadap kondisi sosial-budaya dan sejumlah warisan sejarah yang bisa dijumpai saat ini, peserta didik diajak mengarungi garis waktu mundur ke masa lampau saat terjadinya peristiwa yang melandasi terbentuknya peradaban yang melatarbelakangi kondisi sosial-budaya dan warisan sejarah tersebut.
Dalam penyajiannya, buku ini menggunakan pendekatan saintifik melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyajikan. Melalui pendekatan saintifik, siswa diajak mencari tahu, bukan diberi tahu. Buku ini juga menampilkan materi yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa.
Komponen-komponen penunjang pembelajaran sebagai berikut.
Mari Mengamati Dalam pembelajaran sejarah, pengamatan dilakukan pada objek sejarah yang berupa situs sejarah atau dalam bentuk multimedia; media video, gambar dan seterusnya.
Mari Menanya Membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan perhatian peserta didik tentang suatu tema atau topik pembelajaran.
Mari Menalar Penalaran merupakan proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan.
Mari Mencoba Bertujuan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Wawasan llmu Materi, contoh, dan latihan yang disajikan mencerminkan peristiwa, kejadian atau kondisi up to date sesuai dengan perkembangan ilmu sejarah.
Wawasan Spiritual Materi, contoh, dan latihan menumbuhkan perilaku jujur, sikap disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai.
Wawasan Kebhinekaan Materi dapat membuka wawasan peserta didik untuk menghargai perbedaan akan keragaman sosial, budaya, agama, sumberdaya alam, dan kemajemukan masyarakat, serta tidak bias jender.
Wawasan Sosial Materi, contoh, dan latihan menumbuhkan sikap menghargai eksistensi manusia secara universal, peduli terhadap sesama, kerjasama,toleransi, santun, dan cepat tanggap terhadap perubahan lingkungan sekitar.
Wawasan Kebangsaan Materi, contoh dan latihan yang disajikan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, membangun kebersamaan, solidaritas, dan identitas bangsa sehingga peserta didik bangga sebagai bangsa Indonesia serta dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.
Ingat Lagi Memudahkan Anda untuk mengingat kembali inti sari materi yang telah dipelajari.
Uji Kompetensi Menguji kemampuan dan pemahaman Anda terhadap materi serta meningkatkan penalaran. (A)

RESENSI BUKU: SOSIOLOGI PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL UNTUK SMA/MA KELAS XII

IMGJudul Buku : Sosiologi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial untuk SMA/MA Kelas XII
Penulis : Lia Candra Rufikasari & Slamet Subiyantoro
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2014

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan peserta didik dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Sosiologi (Peminatan llmu-llmu Sosial)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Permendikbud No. 104 Tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Di samping itu, Seri PAKEM ini drkemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu peserta didik dalam memperkaya dan mendalami materi “Sosiologi (Peminatan llmu-llmu Sosial)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: FISIKA PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM UNTUK SMA/MA KELAS XII

IMGJudul Buku : Fisika Peminatan Matematika Dan Ilmu-Ilmu Alam Untuk SMA/MA Kelas XII
Penulis : Sufi Ani Rufaida, dkk.
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2014

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan peserta didik dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual [Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu peserta didik dalam memperkaya dan mendalami materi “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)