Monthly Archives: September 2015

RESENSI BUKU: BIOLOGI PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM UNTUK SMA/MA KELAS XII

IMGJudul Buku : Biologi Peminatan Matematika Dan Ilmu Alam Untuk SMA/MA Kelas XII
Penulis : Ririn Safitri & Bowo Sugiharto
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2013

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan peserta didik dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Biologi (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu peserta didik dalam memperkaya dan mendalami materi “Biologi (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: BAHASA DAN SASTRA INGGRIS UNTUK SMA/MA KELAS XI

IMGJudul Buku : Bahasa Dan Sastra Inggris Untuk SMA/MA Kelas XI
Penulis : Ardana Neswari Purba dkk.
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2014

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan para siswa dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan llmu-limu Bahasa dan Budaya)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, serta Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (KI 1 dan KI 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan KI, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap KI, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi “Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan llmu-llmu Bahasa dan Budaya)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: BUKU SISWA MATEMATIKA UNTUK SMA/MA KELAS XII

IMGJudul Buku : Buku Siswa Matematika Untuk SMA/MA Kelas XII
Penulis : Suparmin, dkk.
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2014

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan peserta didik dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (KI 1 dan KI 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan KI, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap KI, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan peserta didik untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu peserta didik dalam memperkaya dan mendalami materi “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu-llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)