Monthly Archives: July 2015

RESENSI BUKU: SETENGAH PECAH SETENGAH UTUH PERLINDUNGAN MARPAUNG

UntitledJudul Buku : Setengah Pecah Setengah Utuh Perlindungan Marpaung
Penulis : Andrie Wongso
Penerbit : Esensi
Tahun : 2015

Ibarat seseorang hendak membuat sebuah kue yang enak, dengan bahan dasar telur, maka telur tersebut harus dipecahkan dan diaduk terlebih dahulu baru dapat dibuat menjadi kue yang enak. Tanpa dipecahkan, tidak mungkin telur tersebut dapat langsung dipakai sebagai adonan kue. Kehidupan pun demikian. Ada kalanya kita diizinkan Sang Pencipta untuk mengalami kehidupan yang “pecah” terlebih dahulu, seperti masalah dan pergumulan hidup, agar bisa menjadi manusia yang bernilai dan menghargai kehidupan dan kesempatan yang masih diberikan. Bukan peristiwa/masalahnya yang penting, namun bagaimana respons kita terhadap masalah tersebut yang akan menentukan bagaimana kualitas hidup kita sehari-hari.
Buku ini merupakan kumpulan cerita inspiratif yang aktual dan “renyah” disertai pembahasan praktis untuk kehidupan sehari-hari. Setelah membaca buku ini pembaca diharapkan mampu menemukan inspirasi untuk pengembangan sikap dan cara pandang yang lebih positif dalam menghadapi setiap permasalahan kehidupan. Selamat membaca. tersenyum, tertawa dan berefleksi. (A)

RESENSI BUKU: TAKTIK PSIKOLOGIS UNTUK MENANG DALAM PERSAINGAN

IMG_0001Judul Buku : Taktik Psikologis Untuk Menang Dalam Persaingan
Penulis : Kevin Hogan & James Speakman
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2008

Ketika membuat keputusan. kita cenderung berpikir bahwa kita mempertimbangkan pilihan dengan hati-hati, dengan melihat berbagai kemungkinan, lalu membuat pilihan terbaik berdasarkan pemeriksaan rasional atas fakta-fakta. Namun sebenarnya. sebagian besar pengambilan keputusan kita terjadi di tingkat alam bawah sadar yang didasarkan pada perasaan yang mungkin sama sekali tidak kita sadari. Tindakan memahami dan mengelola perasaan alam bawah sadar itu adalah kunci dari seni membujuk.
]ika Anda ingin mempelajari cara meyakinkan orang lain agar membeli produk Anda. mendukung Anda, atau mencalankan diri Anda sebagai kandidat, buku ini memberikan jawaban-jawabannya. Bujukan Terselubung menyarikan riset paling mutakhir di bidang psikologi, linguistik, taktik penjualan, dan komunikasi manusia untuk mengungkapkan cara paling efektif dalam membujuk pihak lain secara konsisten dan efektif dalam segala hal.
“Anda akan menemukan lebih banyak kebijaksanaan dalam buku ini ketimbang dalam buku lain yang bertopik sama. Entah anda butuh membujuk kekasih, pasangan, atasan, klien, teman, atau diri sendiri, buku luar biasa yang berisi koleksi trik dan rahasia pikiran ini akan membuat Anda mumpuni. Di dunia yang penuh persaingan, inilah manual seorang pakar bujukan yang Anda perlukan untuk mengendalikan keadaan dan mendapatkan apa yang Anda inginkan.” (A)

RESENSI BUKU: A YOUNG GIRL’S DIARY (CATATAN HARIAN GADIS BELIA)

IMGJudul Buku : A Young Girl’s Diary (Catatan Harian Gadis Belia)
Penulis : Grete Rita Lainer von Lainsheim
Penerbit : Visimedia
Tahun : 2008

“Catatan harian ini laksana sebuah intan. Saya yakin, tidak pernah ada sebelumnya suatu karya tulis yang mampu membuat kita melihat demikian jelas ke dalam jiwa seorang gadis belia, dari kelas sosial dan kultur kita, selama menjalani tahun-tahun perkembangan masa puber. Catatan ini menunjukkan kepada kita bagaimana perasaan berkembang dari sekadar egoisme masa kanak-kanak untuk mencapai kematangan, bagaimana hubungan antara orangtua dan anggota keluarga lainnya, merupakan unsur-unsur pertama yang membentuk dirinya, dan bagaimana secara perlahan, perasaannya menjadi lebih serius dan akrab, bagaimana persahabatan terbentuk dan kemudian putus. Catatan ini menunjukkan munculnya perasaan cinta, suatu perasaan terhadap objek cintanya. Selain itu semua, catatan ini juga menunjukkan bagaimana misteri kehidupan seksual yang pada awalnya menahan diri secara samar-samar agar tidak menarik perhatian, dan kemudian menguasai pertumbuhan kecerdasan, sehingga anak menderita karena banyaknya beban pengetahuan rahasia, tetapi kemudian pelan-pelan mampu menanggung beban tersebut. Dari semua itu kita memiliki suatu gambaran yang sangat menarik, sangat serius, dan polos, sehingga catatan ini tidak mungkin gagal menarik perhatian besar para pendidik atau guru dan psikolog.” (A)