Monthly Archives: April 2015

RESENSI BUKU: HANOMAN SI BURUK RUPA BERJIWA MULIA

IMGJudul Buku : Hanoman Si Buruk Rupa Berjiwa Mulia
Penulis : Miftahul A’la
Penerbit : Garailmu
Tahun : 2009

Hanoman… Mendengar nama ini, imaji kita langsung tertuju pada sosok kera yang buruk rupa, yang seolah-olah hanya sebagai “pelengkap penderita” dalam kisah pewayangan yang kita kenal selama ini.
Buku ini mendobrak imaji dangkal setiap kita tentang Hano¬man. Disajikan dengan gaya biografis, plus kebajikan-kebajikan yang disemaikannya, buku ini melukiskan Hanoman sebagai sosok yang amat menakjubkan komitmennya, dedikasinya, pengorbanannya tanpa pamrih, dan kearifannya dalam mengarungi hutan kehidupan ini.
Pembaca, dialah sosok yang amat penting dan berharga dalam pentas pewayangan kita, memberikan banyak warna dan makna bagi setiap orang yang berdiri di sekitarnya. Hanoman, si buruk rupa, begitu sangat mulia dan patut dijadikan teladan oleh setiap kita yang mengaku “berwajah bagus” namun begitu mudah terjatuh ke liang-liang kemunafikan, pengkhianatan, dan keangkaraan.
Hanoman menaklukkan semua itu, dan inilah biografi kehidupannya yang sangat memukau! (A)

RESENSI BUKU: SPIRIT HIDUP DAHLAN ISKAN

dahlan iskanJudul Buku : Spirit Hidup Dahlan Iskan
Penulis : Soedarsono
Penerbit : Stomata
Tahun : 2012

Dahlan Iskan memang fenomenal. Tokoh ini dalam waktu singkat mampu merebut perhatian masyarakat Indonesia. Ini terbukti dari banyaknya respon positif dari pergerakan yang dilakukan Dahlan Iskan. Dari jejaring sosial bisa dilihat begitu besar perhatian (sekaligus harapan) masyarakat.
Cerita hidup Dahlan Iskan panjang dan penuh dengan jalan berliku. Menempuh jalan panjang, penuh ketidakpastian, hingga tantangan demi tantangan hidup yang harus diselesaikan. Benar-benar seperti peribahasa, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Dahlan Iskan adalah potret hidup dari perjuangan anak manusia untuk meraih kehidupan lebih baik.
Spirit hidupnya yang besar ini yang tersaji dalam buku ini. Buku ini mencoba merekam perjalanan hidup serta ‘laku’ dari sosok Dahlan Iskan yang memberikan kesan di kalangan masyarakat. Buku ini juga menyiratkan spirit hidup tentang jalan kehidupan yang tidak selalu sama dengan keinginan manusia, juga sukses tak bisa diraih secara instan.
Buku ini juga memberi gambaran tentang filosofi dan latar belakang tersembunyinya dari tindakan-tindakan Dahlan Iskan. Dari tokoh ini kita bisa belajar banyak hal tentang kehidupan, harapan, meraih impian, menghadapi tantangan, sekaligus tentang kesederhanaan. (A)

RESENSI BUKU: JADIKAN MASA DEPAN ANDA LEBIH BESAR DARIPADA MASA LALU ANDA

jadikan masa depanJudul Buku : Jadikan Masa Depan Anda Lebih Besar Daripada Masa Lalu Anda
Penulis : Dan Sullivan and Catherine Nomura
Penerbit : Esensi
Tahun : 2009

Perkembangan adalah kebutuhan dasar manusia, keinginan yang tumbuh dari kecintaan terhadap hidup dan dorongan untuk mengalami hidup yang lebih penuh. Perkembangan memberi kita perasaan berhasil, kepuasan, perasaan berarti, dan kemajuan. Dalam buku ini, Dan Sullivan dan Catherine Nomura menawarkan 10 hukum sederhana yang dapat membantu Anda untuk terus berkembang  sepanjang hidup Anda. Dengan hidup menurut hukum-hukum ini – termasuk nasihat-nasihat seperti “jadikan masa depan Anda lebih besar daripada masa lalu Anda”, “jadikan kontribusi Anda lebih besar daripada penghargaan Anda”, dan “jadikan kegembiraan Anda lebih besar daripada usaha Anda” – Anda dipastikan dapat mempertahankan perspektif yang segar dan inovatif terhadap dunia di sekitar Anda.
Melalui kisah-kisah nyata, Sullivan dan Nomura mengilustrasikan setiap hukum dan menunjukkan bagaimana dengan sedikit perubahan cara berpikir – tanpa memedulikan usia, gaji, dan posisi Anda – Anda dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan Anda sendiri. Mereka mempelajari perangkap umum dan merinci strategi praktis untuk mengatasi berbagai halangan. (A)