Monthly Archives: March 2015

RESENSI BUKU: KEKUASAAN SERING DISALAHGUNAKAN

kekuasaan sering disalahgunakanJudul Buku : Kekuasaan Sering Disalahgunakan
Penulis : Tasirun Sulaiman
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2005

Buku ini sengaja mengemas tema kesufian yang biasanya “berat dan dalam” itu dengan cara yang ringan dan enak bibaca.
Buku ini diharapkan dapat “dinikmati” seperti laiknya kita mengonsumsi makanan ringan. Meskipun begitu, diharapkan “makanan ringan” itu juga menyehatkan dan bermanfaat bagi “tubuh-jiwa-spiritual” penikmatnya. Jadi, semoga demikianlah adanya harapan kami terhadap Anda, sidang pembaca. (A)

RESENSI BUKU: ISLAMIC PARENTING

ISLAMIC PARENTINGJudul Buku : ISLAMIC PARENTING
Penulis : M. Fauzi Rachman
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2011

Buku ini mengulas tuntas bagaimana mempersiapkan diri kita menjadi orang tua yang mampu mempersiapkan tubuh, jiwa, dan akhlak anak-anak kita untuk menghadapi kehidupan di dunia. Tugas ini merupakan kewajiban yang ditekankan agama dan hukum masyarakat. Karena itu, orang tua yang tidak memerhatikan anaknya dipandang oleh kebanyakan orang sebagai orang tua yang tidak bertanggung jawab terhadap amanah Allah dan norma masyarakat. Rasulullah SAW bersabda, “Tiada pemberian yang lebih utama dari seorang ayah kepada anaknya selain budi pekerti dan pendidikan yang baik.” (A)

RESENSI BUKU: CERDAS DAN CERIA DENGAN CERITA TELADAN

cerdas ceriaJudul Buku : Cerdas Dan Ceria Dengan Cerita Teladan
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012

Anda rutin membacakan dongeng untuk si kecil? Jangan sepelekan kegiatan ini karena manfaatnya sangat banyak. Tak sekadar mendekatkan hubungan orangtua, namun juga bisa memengaruhi kosa kata, daya pikir, daya kreasi, dan mental akhlak anak. Dari sinilah proses pembentukan karakter anak bermula.
Cerita yang dikisahkan sebaiknya diramu dari keseharian anak. Cerita yang indah, sederhana, dan menyentuh—tapi juga diselingi dengan nilai-nilai budi pekerti dan sentuhan ilmiah—akan dapat menanamkan sifat-sifat baik dan welas asih kepada anak.
Buku ini akan menyajikannya dengan lengkap cara memilih dan menyusun cerita. Ada juga contoh-contoh cerita yang bisa memberikan ide dan inspirasi untuk membuat cerita yang sesuai dengan keperluan Anda.
Jadi, menjadi orangtua yang bijak mungkin bisa bermula dari pilihan cerita yang Anda buat. Silakan mendongeng untuk sang buah hati tercinta… (A)