Monthly Archives: December 2014

RESENSI BUKU: BEKERJA SEBAGAI BIDAN

IMG_0003_NEWJudul Buku : Bekerja Sebagai Bidan
Penulis : Erma Yulihastin
Penerbit : Esensi
Tahun : 2008

Pekerjaan bidan adalah pekerjaan yang berat. la bertugas untuk membantu persalinan seorang ibu agar bayinya dapat lahir dengan normal, lancar dan sehat. Tetapi tugas bidan tidak hanya itu, seorang bidan juga bertugas untuk memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan balita. Profesi bidan adalah profesi yang sarat dengan pengabdian dan pengorbanan. Ingin tahu lebih banyak mengenai pekerjaan bidan? Semua informasi yang diperlukan mengenai profesi bidan, mulai dari sekolah yang harus dimasuki, karier, falsafah yang harus dipegang, ada dalam buku ini.
Seri Referensi Bimbingan Karier ini diterbitkan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca, khususnya para siswa SMP/SMA/SMK, mengenai berbagai jenis profesi yang ada di Indonesia. Seri buku ini juga akan memberi pemahaman dan arahan agar para siswa sejak dini dapat menentukan profesi yang kelak mereka tekuni sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, serta persyaratan untuk mencapai profesi tersebut. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU SEJARAH 1 UNTUK KELAS X SMA DAN MA

Sejarah Buku GuruJudul Buku : Buku Guru Sejarah 1 untuk Kelas X SMA dan MA
Penulis : Rini Mardikaningsih, dkk.
Penerbit : Wangsa Jatra Lestari
Tahun : 2013

Buku Guru Sejarah 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan llmu-llmu Sosial ini disusun untuk guru sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar Sejarah di sekolah. Adapun materi yang ada di dalam buku guru ini adalah petunjuk umum pembelajaran Sejarah dan petunjuk khusus pembelajaran Sejarah per bab. Agar proses pembelajaran per bab itu lebih efektif dan terarah maka setiap bab dibagi atas beberapa pertemuan atau beberapa minggu pembelajaran. Setiap pertemuan dirancang terdiri atas tujuan pembelajaran, materi dan proses pembe┬Člajaran, penilaian, pengayaan, dan remedial, ditambah interaksi guru dan orang tua.
Guru dapat menjalankan proses belajar mengajar Sejarah di sekolah sesuai dengan materi yang terdapat di dalam petunjuk khusus pembelajaran Sejarah per bab dalam buku guru ini. Namun, guru tidak selamanya harus mengikuti apa yang terdapat dalam petunjuk khusus pembelajaran Sejarah per bab pada buku guru ini. Guru dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah setempat agar konsep dasar Sejarah dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU GEOGRAFI 1 UNTUK KELAS X SMA DAN MA

IMG_0001_NEWJudul Buku : Buku Guru Geografi 1 Untuk Kelas X SMA dan MA
Penulis : Bambang Nianto Mulyo & Purwadi Suhandini
Penerbit : Wangsa Jatra Lestari
Tahun : 2014

Sebagai ilmu, geografi merupakan kumpulan pengetahuan tentang fenomena atau gejala alam dan sosial yang disusun secara sistematis berdasarkan analisis berpikir logis untuk mengungkapkan fenomena atau gejala alam dan sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pembelajaran geografi dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena alam dan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat.
Buku Guru Geografi 1 untuk Kelas X ini memberikan cara, metode, model, strategi pembelajaran kepada guru mata pelajaran Geografi tentang bagaimana membelajarkan konsep-konsep dasar geografi dalam mengkaji fenomena atau gejala alam yang terjadi di lingkungan sekitar, serta teknik analisis dalam mengkaji gejala alam dan sosial dengan berpedoman pada metodologi penelitian geografi sehingga mudah dipahami peserta didik. Dengan diberikannya pembelajaran geografi kepada peserta didik SMA dan MA ini maka diharapkan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menyelesaikan fenomena alam dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (A)