Monthly Archives: November 2014

RESENSI BUKU: BUKU GURU KIMIA 1 UNTUK KELAS X SMA DAN MA

IMG_0001Judul Buku : Buku Guru Kimia 1 Untuk Kelas X SMA dan MA
Penulis : Bambang Nianto Mulyo & Purwadi Suhandini
Penerbit : Wangsa Jatra Lestari
Tahun : 2014

Kualitas suatu bangsa dapat diketahui dari kualitas sumber daya manusianya. Kualitas sumber daya manusia tersebut sangat ditentukan oleh kualitas guru yang membimbing dan mengarahkannya saat mereka menuntut ilmu di sekolah. Gurulah yang membimbing siswa sehingga mampu berprestasi dan memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.
Untuk membantu para guru dalam melakukan pembelajaran, kami menyusun Buku Guru Kimia 1 ini. Buku ini disusun untuk mempermudah dan memperjelas cara penggunaan buku siswa. Buku ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi petunjuk umum pembelajaran Kimia, keterampilan proses dalam pembelajaran Kimia, serta penilaian dalam pembelajaran Kimia. Bagian kedua menguraikan strategi pembelajaran tiap topik, sesuai konsep pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah dan buku siswa. Uraian setiap topik disajikan untuk setiap rencana tatap muka. Pada setiap tatap muka berisi materi pengayaan untuk guru beserta potensi miskonsepsi pada siswa pada topik itu, pembelajarannya, serta alternatif penilaiannya.
Dengan model pengorganisasian seperti ini, diharapkan guru mendapatkan pendalaman terhadap materi ajar, cara pembelajarannya, serta cara penilaiannya. Selain itu, guru juga mendapatkan gambaran terhadap rumusan indikator pencapaian kompetensi dasar dan kompetensi inti pada Kurikulum 2013. Sebagai muaranya, panduan pembelajaran Kimia ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberikan kesempatan siswa untuk belajar secara optimal sehingga siswa mampu mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada satuan pendidikan tertentu. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU PERSPEKTIF MATEMATIKA UNTUK KELAS X SMA DAN MA

IMGJudul Buku : Buku Guru Perspektif Matematika Untuk Kelas X SMA Dan MA
Penulis : Rosihan Ari Yuana & Indriyastuti
Penerbit : Tiga Serangkai
Tahun : 2013

Apa yang membedakan Matematika dengan mata pelajaran lainnya? Sebagai bagian dari ilmu dasar, matematika memiliki kekhususan tersendiri. Matematika dipakai di segala bidang ilmu pengetahuan, yang saat ini terus berkembang dengan pesatnya. Kemajuan teknologi seperti yang saat ini kita rasakan tidak lepas dari peran matematika.
Proses pembelajaran Matematika dilakukan dengan cara yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang. Untuk itu, seorang guru harus berupaya memberikan inspirasi kepada siswa dengan ide-ide yang menantang dan menyenangkan. Hal itu dapat dikemas dalam pembelajaran yang interaktif.
Buku Guru Perspektif Matematika 1 ini kami susun dengan maksud untuk memberikan pedoman kepada guru dalam melakukan proses pembelajaran. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan saintifik yang ditekankan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak bertindak menjadi subjek pembe┬Člajaran, sedangkan guru sebagai fasilitator dan motivator. (A)

RESENSI BUKU: BUKU GURU FISIKA UNTUK SMA/MA KELAS X

Fisika GuruJudul Buku : Buku Guru Fisika Untuk Sma/Ma Kelas X
Penulis : Sufi Ani Rufaida dan Sarwanto
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2013

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan para siswa dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV. Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, serta Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi “Fisika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)