Monthly Archives: October 2014

RESENSI BUKU: BUKU GURU MATEMATIKA UNTUK SMA/MA KELAS X

matematika guruJudul Buku : Buku Guru Matematika Untuk SMA/MA Kelas X
Penulis : Suparmin, dkk.
Penerbit : Mediatama
Tahun : 2013

Pembelajaran yang berkualitas, sangat dibutuhkan para siswa dan guru dalam mempercepat peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM dengan judul “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)” yang ditulis oleh Tim Penulis CV. Mediatama merupakan materi/bahan untuk peningkatan mutu dan prestasi. Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, serta Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Di samping itu, Seri PAKEM ini dikemas dengan mengedepankan Pendidikan Karakter/Sikap (Kl 1 dan Kl 2) dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Kegiatan penanaman sikap dilakukan melalui pembiasaan (menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan). Seri PAKEM ini disusun berdasarkan Pendekatan Saintifik Kontekstual (Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning).
Pengemasan Kl, KD, indikator/tujuan pembelajaran, materi, model pembelajaran, dan evaluasi sangat implementatif, sistemik, dan utuh. Setiap Kl, KD yang dikaji ditunjang dengan rumusan indikator, pengembangan materi, model pembelajaran, dan evaluasi yang runtut. Hal ini sangat memudahkan guru dan siswa untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai pada satu satuan waktu tertentu. Kemasan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyaji, dan mencipta).
Berdasarkan hasil telaah ilmiah, Seri PAKEM ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, Seri PAKEM ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi “Matematika (Peminatan Matematika dan llmu Alam)”. Pemakaian Seri PAKEM dalam proses pembelajaran dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks kelas masing-masing. (A)

RESENSI BUKU: PINTAR MEMBUAT PORTOFOLIO

IMG_0001Judul Buku : Pintar Membuat Portofolio
Penulis : Elizabeth F. Shores dan Cathy Grace
Penerbit : Esensi
Tahun : 2006

Pintar membuat portofolio menyajikan berbagai teknik pengujian portofolio dalam bentuk yang mudah diterapkan. Langkah tersebut mudah untuk diadopsi dalam proses mengajar, menjadikannya  sarana eksplorasi yang  menyenangkan dalam petualangan.
Langkah pembuatan bersifat sinambung dan memberi orang tua gambaran mendalam tentang perkembangan buah hati mereka.
Portofolio yang  sempurna akan  membantu  semua  pihak. Menurut penulis, poin penting pengujian portofolio ialah:
• Meningkatkan kerja sama dan pemahaman antara orang tua dan guru
• Meningkatkan keterlibatan keluarga
• Menyesuaikan pengalaman belajar untuk membantu setiap anak tumbuh dengan kecepatannya sendiri
• Mendorong pengembangan profesi guru
• Memungkinkan guru menetapkan kecepatannya sendiri
• Memudahkan guru melacak hasil karya anak pada semua bidang pelajaran.
Siapa saja yang dianjurkan menggunakan buku ini?
• Guru prasekolah dan sekolah dasar
• Pihak administrasi penitipan anak prasekolah dan sekolah dasar.
• Guru-guru anak usia dini dan taman kanak-kanak
• Kepala Sekolah
• In-service trainer (mentor) para guru
• Pengajar   akademis   di   bidang   pendidikan   anak   usia   dini   dan pengembangan kurikulum. (A)

RESENSI BUKU: IN OUR TIME: PIDATO-PIDATO YANG MEMBENTUK DUNIA MODERN

IMGJudul Buku : In Our Time: Pidato-Pidato Yang Membentuk Dunia Modern
Penulis : Hywell Williams
Penerbit : Esensi
Tahun : 2009

Kejayaan Sekutu yang begitu cemerlang kini sudah dibayangi awan gelap… Mulai dari Stettin di Baltik hingga Trieste di Adriatik, sebuah tirai besi telah dibentangkan di sepanjang benua.
WINSTON CHURCHILL
Perbatasan Baru yang saya sampaikan ini bukanlah merupakan sekumpulan janji, melainkan sekumpulan tantangan… Saya berkeyakinan bahwa waktu yang berbeda menuntut penemuan, inovasi, imajinasi, dan keputusan yang baru pula. Saya. menghimbau Anda sekalian untuk menjadi pionir untuk melintasi Perbatasan Baru tersebut… Kita harus membuktikan kembali apakah negara ini — atau negara apa pun yang menyerupainya — mampu bertahan lama.
JOHN F.KENNEDY
Jelaslah bahwa kekerasan dan ancaman kekerasan tidak bisa lagi, dan memang tidak semestinya, dijadikan instrumen kebijakan luar negeri… Kebebasan memilih adalah prinsip universal yang tidak ada pengecualiannya… Keragaman struktur sosio-politik yang telah tumbuh dalam dekade-dekade silam… mengisyaratkan harus dihargainya pandangan orang lain, adanya toleransi, kesiapan untuk menyaksikan fenomena berbeda yang tidak semestinya langsung diartikan buruk atau berbahaya…
MIKHAIL GORBACHEV
Saya adalah putra dari seorang pria berkulit hitam dari Kenya, dan seorang perempuan berkulit putih dari Kansas. Saya dibesarkan dengan bantuan seorang kakek kulit putih dan seorang nenek kulit putih… Saya pernah mengenyam pendidikan di sejumlah sekolah terbaik di Amerika, namun saya juga pernah hidup di salah satu negara termiskin di dunia. Saya menikahi seorang perempuan kulit hitam Amerika yang di dalam dirinya mengalir darah budak sekaligus darah pemilik budak… Saya takkan pernah lupa bahwa di negara lain mana pun di bumi ini kisah hidup saya tak mungkin terjadi …
BARACK OBAMA (A)