Daily Archives: 22/09/2014

RESENSI BUKU: PENGEN BEBAS STRES? HIDUP SEDERHANA, HIDUP ZUHUD!

pengen bebas...Judul Buku : Pengen Bebas Stres? Hidup Sederhana, Hidup Zuhud!
Penulis : Saiful Hadi El-Sutha
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Alangkah indah hidup yang berselimut kezuhudan, kesederhanaan, dan kekayaan hati. Dengan ketiganya, tak ada rasa was-was yang disebabkan harta atau kesenangan dunia melekat di diri kita. Ada tiga tanda kezuhudan yang dibahas dalam buku ini, yaitu tidak terlalu senang saat mendapat keuntungan dan tidak terlalu sedih kala kehilangan sesuatu, tidak peduli dengan pujian atau caci-maki orang lain selama bisa dekat dengan Allah SWT, serta hati senantiasa dipenuhi ketaatan pada Allah.
Zuhud bukan berarti meninggalkan dunia. Zuhud berarti memerlukan dan memanfaatkan dunia menurut batas-batas yang diizinkan Allah SWT. Sikap mulia ini identik dengan kesederhanaan dan kekayaan hati. Manusia terbaik adalah yang mampu berbuat proporsional untuk dunia dan akhirat, mengindikasikan jiwanya tidak dikuasai hawa nafsu.
Kekayaan dan kekuasaan adalah dua hal yang sering melalaikan manusia dari sikap zuhud. Kesenangan tersebut, disadari atau tidak, melahirkan setitik kesombongan yang membuat manusia larut dalam kemewahan dunia. Tak banyak dari kita menyadari bahwa kesederhanaan dan kebersahajaan adalah ajaran Islam yang sangat mulia, yang mengingatkan kita bahwa kekayaan bukan semata terletak pada banyak harta yang kita miliki. (A)