Monthly Archives: September 2014

RESENSI BUKU: PENGEN BEBAS STRES? HIDUP SEDERHANA, HIDUP ZUHUD!

pengen bebas...Judul Buku : Pengen Bebas Stres? Hidup Sederhana, Hidup Zuhud!
Penulis : Saiful Hadi El-Sutha
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Alangkah indah hidup yang berselimut kezuhudan, kesederhanaan, dan kekayaan hati. Dengan ketiganya, tak ada rasa was-was yang disebabkan harta atau kesenangan dunia melekat di diri kita. Ada tiga tanda kezuhudan yang dibahas dalam buku ini, yaitu tidak terlalu senang saat mendapat keuntungan dan tidak terlalu sedih kala kehilangan sesuatu, tidak peduli dengan pujian atau caci-maki orang lain selama bisa dekat dengan Allah SWT, serta hati senantiasa dipenuhi ketaatan pada Allah.
Zuhud bukan berarti meninggalkan dunia. Zuhud berarti memerlukan dan memanfaatkan dunia menurut batas-batas yang diizinkan Allah SWT. Sikap mulia ini identik dengan kesederhanaan dan kekayaan hati. Manusia terbaik adalah yang mampu berbuat proporsional untuk dunia dan akhirat, mengindikasikan jiwanya tidak dikuasai hawa nafsu.
Kekayaan dan kekuasaan adalah dua hal yang sering melalaikan manusia dari sikap zuhud. Kesenangan tersebut, disadari atau tidak, melahirkan setitik kesombongan yang membuat manusia larut dalam kemewahan dunia. Tak banyak dari kita menyadari bahwa kesederhanaan dan kebersahajaan adalah ajaran Islam yang sangat mulia, yang mengingatkan kita bahwa kekayaan bukan semata terletak pada banyak harta yang kita miliki. (A)

RESENSI BUKU: DOA-DOA RASULULLAH: KHUSUS UNTUK WANITA

IMG_NEW_0001Judul Buku : Doa-Doa Rasulullah: Khusus Untuk Wanita
Penulis : Hj. Nurul Jazimah, Lc.
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Berdoa adalah kebutuhan, terlebih untuk para wanita dengan perannya yang serba kompleks. Dalam doa, kebutuhan ruhani kita tercapai sebuah kebutuhan yang paling esensial dalam hidup manusia. Doa menjadi penggerak terdalam di sekaligus penenang yang tiada tara.
Buku ini berisikan doa-doa Rasulullah SAW yang disarikan oleh Siti Aisyah. Mulai dari doa-doa sehari-hari, hendak berpakaian, bercermin, ketika sedang dalam kesulitan, hingga doa memiliki anak yang saleh. Dilengkapi dengan doa umrah, haji, dan tahlil, buku ini bisa memberi gizi batin yang paling berharga dan menenangkan bagi setiap muslimah. (A)

RESENSI BUKU: CARA AMPUH MEREBUT HATI MURID

IMG_NEWJudul Buku : Cara Ampuh Merebut Hati Murid
Penulis : Joko Wahyono
Penerbit : Esensi
Tahun : 2012

Cara A.M.P.U.H Merebut Hati Murid berisi lima langkah yang bisa digunakan untuk menjadi guru yang penuh integritas dan bisa mengajar dengan hati.
A — Asertif Dalam Bertindak
M— Menghargai Murid
P — Pandai Membina Hubungan Baik
U — Usaha Optimal
H — Hindarkan Murid dari Ancaman dan Kekerasan
Mengajar dengan baik bukanlah soal teknik yang dipakai, tetapi lebih kepada integritas dari pelakunya, yakni guru itu sendiri. Seorang guru AMPUH mampu menciptakan hubungan antara dirinya, mata pelajaran yang diajarkan, dan murid-murid sehingga mereka bisa menciptakan dunia mereka sendiri. (A)

RESENSI BUKU: DARI MANA SUMBER HARTAMU?

IMG_0003Judul Buku : Dari Mana Sumber Hartamu?
Penulis : Prof. Dr. Amiur Nuruddin, M.A.
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2010

Dalam buku ini, Prof. Amiur Nuruddin, M.A. berbincang bersama kita seputar masalah-masalah keseharian, praktik ekonomi syariah, fenomena politik, renungan dalam bingkai akhlak dan moral bangsa, serta memfungsikan berbagai aktivitas ibadah yang melekat dalam kehidupan kita. Butir-butir pemikiran yang terkandung dalam buku ini perlu disampaikan, disosialisasikan, dan direnungkan secara luas di dalam masyarakat serta bangsa kita. Buku ini akan memberikan nuansa baru dalam kajian ekonomi dan bisnis syariah, serta mengingatkan kita akan wawasan kebangsaan yang membangun sendi-sendi perekonomian kita atas dasar kerakyatan. (A)

RESENSI BUKU: CHIC IN BATIK

batik.jpgJudul Buku : Chic in Batik
Penulis : Ami Wahyu
Penerbit : Esensi
Tahun : 2012

Selain mengulik sejarah batik, buku ini juga membahas aneka batik dari berbagai daerah di Indonesia. Ditampilkan juga berbagai gaya busana batik masa kini, baik untuk kegiatan yang bersifat santai, misalnya jalan-jalan, arisan, wisata, juga untuk bekerja atau berorganisasi, maupun untuk acara-acara resmi, misalnya pesta pemikahan, pesta cocktail, dan lain-lain. Ada pula tips-tips memilih batik, merawat kain batik, dan memadukan busana batik dengan aksesorisnya. Buku ini bisa menjadi acuan dan memberi inspirasi bagi Anda untuk tampil menawan dengan batik. Anda juga akan semakin mencintai batik sebagai warisan budaya negeri kita yang tercinta ini. (A)