Monthly Archives: May 2014

RESENSI BUKU: BEKERJA DENGAN HATI NURANI

IMG_0001_NEW_0003Judul Buku : Bekerja dengan Hati Nurani
Penulis : Akh. Muwafik Saleh
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Bekerja itu ibadah. Bekerja itu aktualisasi diri. Dan, bekerja itu rekreasi. Tapi, apa makna bekerja sesungguhnya? Sudah bernilai dan bermanfaatkah cara kita bekerja?
Apa pun profesi Anda, buku ini bisa menjadi panduan praktis sehari-hari. Dilengkapi dengan pengalaman Akh. Muwafik Saleh selama menjadi trainer bertahun-tahun, Anda akan mendapatkan kunci utama menjadi pekerja ibadah dengan hati yang hidup dan bersih. Selamat menjadi spiritual worker! (A)

RESENSI BUKU: HIDUP MAKIN SUSAH, KALAU BANYAK YANG HOBINYA BOHONG!

IMG_0001_NEW_0001Judul Buku : Hidup Makin Susah, kalau Banyak yang Hobinya Bohong!
Penulis : Saiful Hadi El-Sutha
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2009

Membicarakan kejujuran, tak ubahnya mencari sebongkah permata berharga yang sangat langka. Kini, jujur menjadi sesuatu yang dianggap kuno, idealis, dan tertinggal. Keberanian seakan menjauh, bahkan jika ada, terkesan membabi buta dan merugikan orang lain. Sedangkan keteguhan yang merupakan “buah siap panen” keimanan pun terhempas dari hati karena “pohon keimanan” tak lagi rindang.
Apa yang membuat kejujuran, keberanian, dan keteguhan hati mampu menepis semua kegamangan dan kegelisahan kita dalam hidup? Melalui berbagai kisah-kisah pendek dalam buku ini, kita akan menemukan bahwa tiga hal di atas mampu menyalurkan suara hati yang merupakan fitrah manusia. Tiga keutamaan yang selama ini kita kesampingkan demi meraih keuntungan duniawi. Untuk menenteramkan batin yang bergolak, temukan kekayaan hikmah dari pengalaman Shaffiyah, Mush’ab, Asma, Hanzalah, dan figur mulia lainnya. Mari bertekad mengikuti jejak mereka. (A)

RESENSI BUKU: STRATEGI PENILAIAN UNTUK BELAJAR

IMG_0001_NEWJudul Buku : Strategi Penilaian untuk Belajar
Penulis : Ian Smith
Penerbit : Esensi
Tahun : 2011

Penilaian memainkan peran penting dalam pendidikan secara umum dan pengajaran serta pembelajaran secara khusus. Guru dan sekolah diharapkan   untuk   menilai   pembelajaran siswa untuk serangkaian tujuan dan untuk berbagai kisaran penonton. Ada dua jenis penilaian: penilaian yang dilakukan untuk membantu siswa dan yang dilakukan untuk tujuan-tujuan lain.
Buku   ini   berisi   serangkaian   tips   bagi   guru   untuk   menilai pembelajaran   siswa,   baik   tentang   mengevaluasi   kinerja   siswa dalam  memahami  materi   pelajaran  maupun  menilai  kemajuan serta kesulitan siswa dalam belajar. Tidak hanya serangkaian tips, buku   ini  juga   memiliki bobot teoretis: ide-idenya   berdasarkan pada pemahaman terkini tentang cara belajar – yang memberi Anda penjelasan tentang apa yang dapat membantu dan menghalangi siswa untuk menyerap pelajaran. (A)