Monthly Archives: March 2014

RESENSI BUKU: ORANG TUA ABAD KE-21

IMGJudul Buku : Orang Tua Abad Ke-21
Penulis : John C. Maxwell
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2010

Mendidik anak memang susah-susah gampang. Kita sering kali membanding-bandingkan anak-anak kita dan merasa “iri” menyaksikan anak-anak orang lain yang begitu berprestasi, berbakat, berbakti, dan punya jiwa pelayanan yang luar biasa, sementara anak kita rasanya kok tidak.
Jangan cemas! Kalaupun anak Anda belum seperti yang Anda harapkan, jangan bersedih hati. Tugas Anda sebagai orang tua adalah membimbing dan mendampingi anak-anak Anda dalam menggali dan megembangkan seluruh potensi terpendam mereka sebaik mungkin. Sejarah memperlihatkan bahwa setiap anak punya potensi tidak terbatas, namun belum dikembangkan karena satu dan lain hal. Jadi, tugas kitalah untuk mendorong mereka menemukan bakat terpendam mereka.
John Maxwell, melalui buku ini, membagikan pengalamannya yang sangat kaya dan luar biasa dalam mendampingi para keluarga mendidik anak-anak mereka. Anda akan belajar:
• Teknik-teknik memotivasi yang inovatif
• Kiat-kiat meningkatkan pertumbuhan pribadi yang menarik
• Metode untuk mengatasi hambatan/kekurangan
• Strategi yang sudah teruji untuk menciptakan waktu keluarga yang akrab dan berarti
• Pertanyaan-pertanyaan jitu yang akan membuat setiap anak berbicara
• Dan banyak, banyak lagi!
Dengan pengetahuan yang diperoleh sedikit demi sedikit dari pengalaman orang tuanya, dan kesalahan-kesalahan yang dilakukannya sendiri, penulis dengan rendah hati menceritakan kembali ‘bencana’ yang dialami keluarga Maxwell dengan tujuan agar Anda memandang anak-anak Anda berdasarkan apa yang dapat mereka capai, tidak hanya sebagaimana mereka adanya. Dorong anak-anak Anda untuk mengetahui apa sebenarnya yang mereka minati, untuk mengejar apa yang menjadi sasaran mereka dan untuk bercita-cita tinggi. Hanya langit yang membatasi apa yang bisa mereka gapai! (A)

RESENSI BUKU: KEPRIBADIAN

KepribadianJudul Buku : Kepribadian
Penulis : Howard S. Friedman & Miriam W. Schustack
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2008

Psikologi kepribadian adalah studi ilmiah tentang kekuatan-kekuatan psikologis yang membuat setiap orang unik. Psikologi kepribadian mencoba menjawab pertanyaan, “Apa arti menjadi seorang manusia?” Dengan kata lain, seunik apakah diri kita sebagai individu? Apakah hakekat dari diri? Ahli psikologi kepribadian menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik ini dengan melakukan observasi sistematik mengenai cara dan alasan seseorang berperilaku. Buku istimewa ini memberikan “kepribadian” pada mata kuliah Teori Kepribadian. Dengan isinya yang memadukan pandangan klasik dari para ahli teori kepribadian dengan hasil-hasil riset modern dari para peneliti, yang mencakup studi mengenai kebudayaan, evolusi, ego, gender, dan interaksi orang-situasi, buku ini sangat menarik bagi setiap orang yang tertarik memperdalam pengetahuannya tentang Psikologi Kepribadian.
Fitur-fitur baru yang terdapat dalam edisi ketiga ini:
• Kotak “Pertajam Pemikiran Anda” menekankan pada mahasiswa bagaimana asumsi dari pendekatan kepribadian tertentu mempengaruhi kehidupan dan masyarakat kita.
• Materi baru pada aspek biologi, trait, dan evolusi dari kepribadian diintegrasikan dalam seluruh bab, dengan penekanan pada diskusi kritis mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masingnya.
• Diskusi aktual mengenai kebahagiaan, kebencian, dan kebudayaan membantu mahasiswa memahami topik yang hangat mengenai teror/konflik dan aktualisasi-diri/penyembuhan.
• Peliputan yang diperbanyak mengenai isu gender dan lintas-budaya mendekatkan kedua topik ini kepada para mahasiswa. (A)

RESENSI BUKU: KIAT JITU MENULIS & MENERBITKAN BUKU

IMGJudul Buku : Kiat Jitu Menulis & Menerbitkan Buku
Penulis : Sutanto Leo
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2010

Banyak akademisi dan praktisi berniat menulis dan menerbitkan buku. Meskipun sangat berpotensi, niat mereka tidak terwujud karena berbagai alasan: tidak punya waktu, tidak tahu cara memulainya, tidak percaya diri, tidak punya sarana, tidak punya motivasi, tidak punya bakat, maupun tidak punya koneksi. Buku ini memberikan solusi agar niat baik mereka dapat segera terealisasi.
Kiat Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku merupakan petunjuk praktis untuk menulis buku bagi mahasiswa S2, mahasiswa S3, guru, dosen, praktisi yang telah menekuni bidangnya lebih dari tiga tahun, serta semua orang yang benar-benar ingin menerbitkan buku.
Buku ini:
• Memberikan panduan yang realistis untuk menulis buku, mulai dari menentukan topik, membuat judul, menyusun outline buku, mengembangkan bab, mengutip, menulis daftar pustaka, melengkapi isi buku, menyunting, menguji kelayakan naskah dan menyeminarkannya,
• Membahas profil penerbit, pengajuan naskah ke penerbit yang tepat, masalah penerbitan, cara menyikapi tanggapan penerbit, proses penerbitan, dan tindak lanjut paska terbit,
Menjelaskan profil penulis, cara menghadapi rintangan, tantangan dan masalah-masalah penulisan serta penerbitan buku, lengkap dengan solusinya. (A)