Monthly Archives: January 2014

RESENSI BUKU: REMAJA

RemajaJudul Buku : Remaja
Penulis : John W. Santrock
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2007

Dewasa ini semakir banyak ahli yang berpendapat bahwa masa remaja yang merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa merupakan tonggak waktu yang sangat krusial dalam kehidupan manusia. Dalam buku ini, Santrock, yang dikenal sebagai ahli terkemuka di bidang Psikologi Perkembangan, tidak hanya menyajikan berbagai landasan ilmiah dari perkembangan remaja, namun juga memberikan contoh penerapan konsep-konsepnya. Sejak kemunculan edisi perdananya, buku Santrock ini adalah buku Psikologi Perkembangan Remaja yang paling banyak dipakai di berbagai universitas terkemuka di seluruh penjuru dunia. Edisi kesebelas ini memuat satu bab baru yang khusus membahas kesehatan remaja (Bab 15: Kesehatan, Stres, dan Coping), perluasan bahasan tentang masa remaja akhir, dan lebih dari 1200 kutipan riset terbaru dari abad ke-21. Tiap-tiap bab yang ada di buku ini juga telah ditelaah oleh para ahli yang dalam kesehariannya berkutat dengan hal-hal yang disajikan oleh bab tersebut. Tidak diragukan lagi, buku ini adalah buku yang wajib dimiliki setiap mahasiswa Psikologi! (A)

RESENSI BUKU: BEKERJA SEBAGAI DESAINER GRAFIS

bekerja sebagai desainer grafisJudul Buku : Bekerja Sebagai Desainer Grafis
Penulis : Ana Yuliastanti
Penerbit : Esensi
Tahun : 2008

Pengen menjadi desainer grafis? Kenapa nggak! Jadi desainer grafis itu keren Iho.. Mereka identik dengan kreativitas, kaya ide dan sangat dinamis. Hasil pekerjaan mereka pun dapat kita temui dimana-mana, mulai dari koran atau majalah, website, sampai ke bungkus mi instan yang sering kita lihat di supermarket, semua adalah karya para desainer grafis. Dan tahukah kamu, kalau profesi desainer grafis saat ini adalah profesi yang paling banyak diminati oleh pelajar-pelajar seperti kamu. Mau tahu lebih banyak tentang gimana sih kerja jadi desainer grafis itu? Semua penjelasannya ada di buku ini, mulai dari aplikasi program, bidang pekerjaannya yang luas, hingga ke jenjang pendidikan, mulai dari sarjana, diploma 3 ataupun kursus-kursus singkat. Jadi, masih ragu-ragu?
Seri Referensi Bimbingan Karier ini diterbitkan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca, khususnya para siswa SMP/SMA/SMK, mengenai berbagai jenis profesi yang ada di Indonesia. Seri buku ini juga akan memberi pemahaman dan arahan agar para siswa sejak dini dapat menentukan profesi yang kelak mereka tekuni sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, serta persyaratan untuk mencapai profesi tersebut. (A)

RESENSI BUKU: BUKU PINTAR REMAJA BERBAKAT

IMG_0002Judul Buku : Buku Pintar Remaja Berbakat
Penulis : Judy Galbraith, M.A. dan Jim Delisle, Ph.D.   Penerbit : Erlangga
Tahun : 2006

Ditulis dengan bantuan ratusan remaja berbakat, buku ini adalah panduan utama bertahan hidup dan tumbuh pesat dalam dunia yang tidak selalu menghargai, mendukung atau memahami orang berkemampuan tinggi. Penuh fakta mengejutkan, strategi langkah demi langkah, panduan praktis, kutipan inspiratif, dan esai sarat pendapat, buku ini merupakan sarana memahami keberbakatanmu dan menggunakannya untuk memaksimalkan potensi diri.
Bukalah buku ini untuk menemukan:
• apa arti keberbakatan
• kenyataan mengenai IQ, ujian dan pengujian (dan empat alasan mengapa ujian tak bisa dipercaya)
• bagaimana mengambil tanggung jawab atas pendidikan (mengetahui hak-hak kamu sebagai murid, menjelajahi pilihan yang tersedia untuk kamu, mengubah sistem, memilih perguruan tinggi, dan alternatif perguruan tinggi)
• bagaimana menemukan teman yang tepat (dan ‘teman’ yang tak perlu kamu dekati)
• bagaimana berbicara dengan orang tua (dan enam alasan di balik sikap orang tua)
• bagaimana mengelola kegelisahan remaja
• bagaimana ber-internet secara cerdas serta membina hubungan online yang aman dan mengasyikkan
• fakta terbaru mengenai bunuh diri di kalangan remaja dan upaya mencegahnya
• sumber dan referensi tambahan (buku, publikasi, asosiasi, program dan situs). (A)