Monthly Archives: December 2013

RESENSI BUKU: CARA MENGAJAR AGAR SISWA TETAP INGAT

IMG_0001Judul Buku : Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat
Penulis : Marilee Sprenger
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2011

Ketika Anda mengajar suatu materi pelajaran, apakah siswa Anda mengingat informasi yang telah Anda berikan di keesokan harinya? Di minggu berikutnya? Akankah mereka cukup lama mengingat informasi itu agar dapat digunakan pada saat tes, dan yang terpenting, akankah mereka mengingatnya dengan cukup baik agar dapat dimanfaatkan sepanjang hidup mereka di luar sekolah?
Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat memberikan tujuh langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima informasi di memori langsung, menindaklanjutinya di memori kerja, menyimpannya di memori jangka panjang, dan mengambil kembali informasi tersebut, serta memanipulasinya di situasi yang tidak terduga-yaitu menggunakan hal yang telah mereka pelajari saat mereka membutuhkannya. Melalui langkah demi langkah, Anda akan menemukan
• cara menjangkau siswa Anda dan membuatnya memperhatikan informasi yang masuk;
• cara mendorong refleksi agar memungkinkan siswa membuat koneksi dengan pengetahuan yang sebelumnya secara lebih baik;
• cara membantu siswa mengode ulang konsep baru dengan kata-kata mereka sendiri untuk mengklarifikasi pemahaman mereka;
• cara menggunakan umpan balik untuk menyediakan kerangka kerja bagi pembelajaran dan menunjukkan hal-hal penting yang harus diingat pada otak;
• cara menggabungkan strategi latihan yang menyediakan banyak kesempatan untuk mengingat materi;
• cara menyusun proses review agar siswa mengingat informasi tidak hanya saat tes saja;
• cara meluruskan instruksi, review, dan penilaian untuk membantu siswa menjadi lebih mudah dalam menerima informasi.
Kita semua tahu bahwa beberapa anak bersekolah dengan kemampuan mengingat informasi yang sudah terbentuk; namun sebagian lainnya tidak seberuntung itu. Dengan sengaja mengajarkan untuk memori, kita dapat memulihkan beberapa perbedaan ini dan membantu siswa memperoleh keyakinan dalam kemampuan mereka. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan lebih baik dalam melengkapi seluruh siswa kita untuk menjadi pembelajar yang sukses, anggota keluarga yang dapat dipercaya, dan anggota masyarakat yang terdidik. (A)

RESENSI BUKU: LEARNING METAMORPHOSIS: HEBATNYA GURUNYA, DAHSYATNYA MURIDNYA

learning metamorphosisJudul Buku : Learning Metamorphosis: Hebatnya Gurunya, Dahsyatnya Muridnya
Penulis : H.D. Iriyanto
Penerbit : Esensi
Tahun : 2012

Teladan alam melalui metamorfosis yang terjadi pada.seekor kupu-kupu harus diteladani, dipahami, dan dipraktikkan oleh guru dalam kegialan belajar-mengajar, khususnya di Indonesia. Guru yang bermetamorfosis adalah sosok pendidik yang selalu akrab dengan perubahan positif. Mereka adalah figur yang meninggalkan metode mengajar yang membosankan dan menggantinya dengan pendekatan baru yang segar dan inspiratif kepada para siswanya.
Buku karya H.D. Iriyanto ini merupakan bacaan inspiratif bagi mereka, para guru maupun kalangan yang tertarik pada dunia pendidikan, yang ingin mendapatkan kunci kesuksesan dalam menciptakan atmosfer mengajar yang positif. Buku ini merupakan jawaban atas minimnya keteladanan dalam dunia pendidikan di Indonesia. (A)

RESENSI BUKU: DESAIN INSTRUKSIONAL MODERN: PANDUAN PARA PENGAJAR DAN INOVATOR PENDIDIKAN

IMGJudul Buku : Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan
Penulis : M. Atwi Suparman
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2012

Idealnya, setiap pengajar selalu berusaha mencari cara terbaik untuk melaksanakan kegiatan pengajaran-nya. Demikian pula, setiap pengelola program diklat senantiasa mencari jalan meningkatkan kualitas programnya melalui cara-cara yang dianggapnya baik, sesuai dengan kebutuhan peserta diklat dan kondisi lembaga diklatnya.
Buku desain instruksional edisi ketiga ini diberi judul Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Seperti terlihat di judulnya, buku ini dimaksudkan untuk digunakan oleh penga¬jar dan inovator pendidikan. Yang dimaksud dengan pengajar di sini adalah pihak yang memegang posisi sebagai pembuat keputusan yang berpengaruh terhadap peserta didik yang diajarnya. Yang dimaksud dengan inovator di sini adalah individu atau kelompok individu yang menciptakan pembaharuan dan pelopor dalam proses pembaruan pendidikan.
Dalam buku ini diuraikan suatu proses sistematik dalam membangun sistem pembelajaran (instructional systems) yang efektif dan efisien. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh dosen, guru, widyaiswara, dan pelatih, yang selanjutnya disebut pengajar atau tenaga yang bekerja khusus sebagai pendesain instruksional (instructional designer) di lembaga pendidikan. Pendesain instruksional biasa bekerja sebagai pemimpin suatu tim yang merancang suatu sistem instruksional.
Buku ini diharapkan dapat membantu berbagai pihak tersebut. Isinya terdiri dari tiga belas bab. Ketigabelas bab tersebut dimulai dari konsep konsep umum dalam pengajaran dan pembelajaran serta ber¬bagai prinsip dasar dan teori terkait, khususnya teori psikologi pada Bab 1, 2, dan 3. Pada bab-bab berikutnya dimuat langkah-langkah yang diperlukan dalam mendesain pembelajaran dengan mengingat prinsip dasar dan teori tersebut. (A)