Monthly Archives: November 2013

RESENSI BUKU: FIQIH CINTA KASIH

IMGJudul Buku : Fiqih Cinta Kasih
Penulis : DR. M. Sayyid Ahmad Al-Musayyar
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2012

Hidup berumah tangga kadangkala rumitdan kompleks. Hal tersebut bisa saja timbul karena fondasi bangunan rumah tangga itu sendiri tidak kukuh atau salah satu komponennya ada yang berusaha untuk menghancurkan.
Dr. Al-Musayyar, guru besar Universitas Al-Azhar Kairo yang sudah banyak memberi penyuluhan tentang masalah rumah tangga, menawarkan resep ampuh agar kebahagiaan hidup berumah tangga yang menjadi idaman setiap suami istri menjadi kenyataan.
Di antara fondasi bangunan rumah tangga yang harus kukuh menurut Al-Musayyar adalah jalinan cinta kasih antara suami istri, kesadaran terhadap hak dan kewajiban, cara penyelesaian konflik, metode pendidikan serta pengasuhan anak yang tepat sebagaimana dalam wasiat Lukman dan kisah Yahya a.s. Dengan demikian, rumah tangga idaman yang penuh cinta kasih, bahagia, sejahtera, damai dan tenteram seperti yang digambarkan Al-Qur’an dalam surah Ar-rum ayat 21 akan terwujud. (A)

RESENSI BUKU: BENARKAH NABI KHIDIR MASIH HIDUP SAMPAI SEKARANG?

IMG_NEWJudul Buku : Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup Sampai Sekarang?
Penulis : M. Mahfudz
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2011

Ketika Rasulullah SAW wafat, datanglah masa takziyah. Orang-orang mendengar suara seseorang, tetapi tidak melihat sosoknya: “Assalamu’alaikum warahmatullahi Ahlal Bait, sesungguhnya Allah memiliki penghibur dari setiap musibah dan pengganti dari semua yang hilang. Maka percayakan hanya kepada Allah dan berharap hanya kepada-Nya. Sebab yang terkena musibah sebenarnya adalah orang yang terhalang dari pahala.” Lalu Sayidina Ali RA berkata: “Tahukah kalian, siapa orang itu! la adalah Khidir”.
Nama Khidir AS sangat populer, terutama terkait dengan peristiwanya bersama Nabi Musa AS. Masing-masing dari mereka menjadi representasi dari dua cara pandang yang berbeda dalam agama Islam, yakni formalistik (fiqh oriented) dan substantifistik (tasawuf oriented).
Popularitas Khidir AS ternyata tidak berbanding lurus dengan kejelasan hikayatnya. Tentu saja banyak faktor, antara lain adalah masih langkanya buku-buku berkualitas yang membahas tentang keberadaannya. Karena itu, buku yang ada di tangan pembaca ini bisa menjadi salah satu jawaban.
Secara garis besar, buku ini mendiskusikan polemik seputar Khidir AS, apakah beliau seorang Nabi atau orang saleh, apakah sudah wafat atau masih hidup sampai sekarang. Semua pertanyaan tersebut akan pembaca dapatkan di dalam buku ini. (A)

RESENSI BUKU: AYAH MENGAPA AKU BERBEDA? 2

ayah mengapa aku berbedaJudul Buku : Ayah Mengapa Aku Berbeda? 2
Penulis : Agnes Davonar
Penerbit : AD Published
Tahun : 2012

Angel gadis tunarungu berhasil melalui masa kecilnya dengan perjuangan setelah akhinya ia bisa mempersembahkan konser piano kepada ayahnya. Beberapa tahun kemudian, Angel pindah ke sekolah baru dan bertemu kembali dengan Hendra, sahabat kecilnya. Selain itu, Agnes juga melanjutkan sekolah yang sama dengan keduanya tanpa diduga.

Dendam yang sudah sejak kecil terpendam akhirnya kembali terjadi ketika Martin, cowok yang disukai Agnes, jatuh cinta kepada Angel. Angel yang dilindungi Hendra, berusaha bertahan dalam cobaan fisik dan mental oleh Agnes. Untuk melupakan penderitaan yang terjadi Angel memutuskan untuk bekerja sebagai pemain piano di cafe.

Ia jatuh cinta pada Ferly, pelayan cafe yang berusaha menguatkan hatinya untuk tetap semangat. Di saat kebahagiaan semakin dekat dalam hidupnya… Cobaan berat kembali hadir dalam hidupnya… Mampukah Angel bertahan? (A)