Monthly Archives: September 2013

RESENSI BUKU: APA YANG BERBEDA DARI GURU HEBAT

Apa yang Berbeda dari Guru HebatJudul Buku : Apa yang Berbeda dari Guru Hebat
Penulis : Eko Prasetyo & Mohammad Ihsan
Penerbit : Esensi
Tahun : 2011

“Yang kadang kita lupa adalah di sekeliling kita, guru tanpa sadar membangun benteng-benteng yang tebal dan superkokoh, yang nyaris tak terjangkau oleh para siswanya. Ketemu hampir tiap hari, tapi sepertinya jauh sekali, nyaris tak terjangkau.”— Purnomo, guru Sekolah Pemimpin Balikpapan.
“Pendidikan yang bermutu dan berkualitas pun harus bisa dinikmati oleh anak-anak miskin.”— Imron Wijaya, guru SMAN1 Lasem.
“Selama pemerintah bisa mengelola pendidikan yang sesuai dengan cita-cita luhur pendidikan nasional, yakni menciptakan manusia Indonesia yang cerdas dan berbudi pekerti luhur, serta guru, orang tua, dan masyarakat yang bisa menjadi model yang baik bagi anak didik, saya kira risiko degradasi moral bisa diminimalkan. ” —Mampuono, guru SMPN18 Semarang.
Buku ini berisi tentang suka duka para guru dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Kisah-kisah inspiratifnya bisa mengubah pandangan Anda tentang salah satu profesi paling mulia di dunia. (A)

RESENSI BUKU: MEMBANGUN KARAKTER DENGAN HATI NURANI

IMGJudul Buku : Membangun Karakter dengan Hati Nurani
Penulis : Akh. Muwafik Saleh
Penerbit : Erlangga
Tahun : 2012

Baik-buruknya sebuah  bangsa  dipengaruhi  pada  bangunan karakter generasinya. Karakter yang kuat akan menjadikan sebuah bangsa menjadi kuat pula. Karena dengan karakter, kita dapat memberikan ruh pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh siapa pun saja baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi hingga bangsa ini termasuk dalam memberikan arah perjalanan bangsa ke depan.
Dengan karakter yang positif, akan dapat mengurangi berbagai perilaku destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merengkuh masa depan yang cerah. Dengan karakter positif yang kuat, akan dapat membentengi generasi muda dan pelaksana negeri ini dari tindakan-tindakan yang dapat merendahkan martabat bangsa seperti korupsi, dan perilaku manipulatif lainnya.
Karakter yang kuat adalah karakter yang disandarkan pada Sang Pemilik Kekuatan Utama, Allah SWT. Inilah kemudian yang lebih dikenal dengan sebutan Akhlaq, yaitu suatu sikap yang bersentuhan langsung dengan nilai-nilai ketuhanan. Buku ini akan menunjukkan bagaimana cara dan kiat yang penting serta efektif guna membangun karakter diri dan generasi muda. untuk membentuk generasi bangsa yang cerdas, sukses, berakhlak mulia, dan bermartabat tinggi. (A)

MEMBUAT GAMBAR REAL DAN ABSTRAK DENGAN PHOTOSHOP CS4

IMG_NEWJudul Buku : Membuat Gambar Real dan Abstrak dengan Photoshop CS4
Penulis : F.H. Zanzad dan Totok Roebyarto
Penerbit : Masmedia Buana Pustaka
Tahun : 2009

Kemampuan Photoshop CS4 untuk dieksplorasi hampir tanpa batas dan menyediakan banyak ruang bagi kita untuk mewujudkan ide-ide kreatif kita. Dengan Photoshop CS4, objek-objek nyata maupun abstrak dapat dikreasi dengan menarik. Buku ini akan membimbing Anda untuk membuat bentuk-bentuk nyata dan abstrak sekaligus mengeksplorasi kemampuan Photoshop CS4 dan fitur-fitur terbaru-nya. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Photoshop CS4, Anda akan dapat merasakan kekuatan fitur-fitur yang ada pada seri CS4 ini. Hampir keseluruhan isi buku berupa tutorial, hanya bab 1 saja yang berisi pengenalan fitur Photoshop CS4.
Semoga buku ini bisa membantu Anda memahami penggunaan Photoshop CS4 untuk membuat objek nyata dan abstrak dengan lebih baik. Dan selanjutnya, mampu mengembangkan objek-objek lain yang lebih menarik. (A)