Monthly Archives: May 2013

RESENSI BUKU: SEKOLAH KAYA SEKOLAH MISKIN, GURU KAYA GURU MISKIN

sekolah kaya sekolah miskin...Judul Buku: Sekolah Kaya Sekolah Miskin, Guru Kaya Guru Miskin
Penulis: Joko Wahyono
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2010

Isi buku ini berguna bagi para kepala sekolah, pemilik yayasan yang menggeluti pendidikan, dan mahasiswa jurusan kependidikan agar memahami kualitas sekolah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini dan saat mendatang, dan bagaimana cara membentuknya.
Isi buku ini memberikan kiat-kiat dan inspirasi. Saya sendiri akan memborong buku dan membagikannya kepada teman-teman lain dan mengajak penulisnya untuk berkeliling Indonesia mengajarkan ilmunya kepada para pendidik. Indonesia membutuhkan buku ini. Penulis buku ini adalah orang yang penuh dedikasi pada pendidikan. Apa yang ditulisnya adalah hikmah dari perjalanan kariernya sebagai guru dan pengelola sekolah yang begitu penuh komitmen pada perbaikan kualitas pendidikan, khususnya di Kalimantan Timur.
Silakan baca buku ini dan rasakan sengatan gairah untuk terjun ke dunia pendidikan untuk mengubah ‘sekolah miskin’ menjadi ‘sekolah kaya’ atau dari ‘guru miskin’ menjadi ‘guru kaya’. Buku ini akan membuat Anda paham bagaimana semestinya mengelola sebuah sekolah agar sukses. (A)

RESENSI BUKU: JADI PENGUSAHA SIAPA TAKUT?

jadi pengusaha siapa takutJudul Buku: Jadi Pengusaha Siapa Takut?
Penulis: Gunawan Ardiyanto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2010

Itulah alasan-alasan yang kerap menahan orang melangkahkan kaki ke dunia usaha, dan akan dipatahkan oleh buku ini. Selain memberikan contoh pengalaman berwirausaha Penulis sejak usia SD, yang menunjukkan tak ada batasan usia untuk mulai berbisnis, buku ini juga membekali Anda dengan:
■ strategi menembus pasar,
■ kiat mengenali dan memanfaatkan tren
■ sumber-sumber modal usaha,
■ penyebab kegagalan berwirausaha,
■ nasihat penting dalam menjalankan usaha,
■ contoh-contoh bidang usaha, dan
■ alamat usaha dengan sistem franchise serta pusat perkulakan terlengkap dan termurah.
Setelah membaca buku ini, Anda pun bisa dengan lantang berseru, “Jadi Pengusaha, Siapa Takut?” (A)

RESENSI BUKU: TUSUK SULAM DASAR

tusuk sulam dasarJudul Buku: Tusuk Sulam Dasar
Penulis: V.M. Bambang Soemantri
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2006

Aneka tusuk sulam dasar pada zaman kolonial Belanda biasanya diajarkan dalam mata pelajaran keterampilan di sekolah-sekolah menengah di Indonesia. Para ibu dan nenek kita kemudian menjadikannya sebagai hobi yang dikerjakan mereka di rumah. Sekarang pun di beberapa sekolah, masih diajarkan membuat tusuk sulam sebagai bagian mata pelajaran keterampilan. Bahkan di sekolah kejuruan, tusuk sulam dasar merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan.
Buku Aneka Tusuk Sulam Dasar ini di samping ditujukan sebagai bahan pengajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, akan sangat dibutuhkan di dalam diklat-diklat untuk para calon pengrajin kerajinan sulaman di daerah. Sebuah buku yang diharapkan dapat ikut serta menunjang suksesnya pembangunan jangka panjang, khususnya dalam bidang pertekstilan di Indonesia.
Buku ini merupakan karya V.M. Bambang Soemantri yang telah lebih dari 30 tahun mengajarkan tusuk sulam dasar di sekolah-sekolah kejuruan, berisi teknik membuat 50 macam tusuk sulam dasar. Disajikan dengan sangat detail, berupa langkah-langkah pembuatan yang dilengkapi dengan gambar, dan tampilan hasil jadi dalam foto-foto berwarna. (A)