Monthly Archives: April 2013

RESENSI BUKU: DETEKSI PENCEMAR AIR MINUM

IMG_0001Judul Buku: Deteksi Pencemar Air Minum
Penulis: Setijo Pitojo; Eling Purwantoyo
Penerbit: aneka ilmu
Tahun: 2002

Kualitas air minum dipersyaratkan memiliki empat hal parameter air minum. Keempat parameter tersebut meliputi fisika, air, kimia air, bakteriologi air, serta radioaktivitas air. Dari keempat parameter tersebut yang relatif gampang diamati dan tidak membutuhkan pemeriksaan laboratoris dan dana yang banyak adalah parameter fisika air. Untuk meningkatkan pencermatan kualitas air minum dengan mendeteksi bau, rasa, jumlah zat padat terlarut (TDS), warna dan kekeruhan air. Dari hasil deteksi terhadap komponen-komponen yang sederhana akan mendapatkan hasil yang baik dan akurat.
Buku Deteksi Pencemar Air Minum ini menguraikan lebih lanjut tentang permasalahan yang berkaitan dengan air minum dan pendeteksian air minum. Di dalamnya diuraikan tentang kebutuhan dan kegunaan air minum bagi tubuh, air bersih, air murni, air minum, aneka penyemar air, petunjuk deteksi, dan cara sederhana mengatasi polutan air minum.
Dengan mengetahui ciri-ciri air minum yang layak diminum dan tidak layak untuk diminum, maka kita akan terhindar dari salah mengkonsumsi air minum yang akan mengakibatkan penyakit pada tubuh kita. (A)

RESENSI BUKU: INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

IMG_0002Judul Buku: Instalasi Pengolahan Air Limbah
Penulis: Sakti A. Siregar
Penerbit: Kanisius
Tahun: 2009

Ari limbah selalu menimbulkan masalah jika tidak ditangani secara benar. Celakanya, tidak semua pengusaha industri memahami benar mengenai teknologi praktis instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Sering kali, limbah dibuang begitu saja (atau dengan penanganan yang kurang memadai) ke sungai. Hal ini tentu menimbulkan pencemaran lingkungan yang berdampak negatif bagi masyarakat luas dan sering kali dalam jangka panjang.
Alat-alat dan sistem pengolahan air limbah secara umum dibahas dalam buku ini. Dengan cara penyampaian yang sederhana, para pengusaha industri maupun akademisi dengan cepat bisa memahaminya, dan akhirnya menemukan cara yang spesifik untuk jenis air limbah yang ditanganinya. (A)

RESENSI BUKU: RAHASIA KEKAYAAN ALAM UNTUK KESEHATAN

IMG_NEWJudul Buku: Rahasia Kekayaan Alam Untuk Kesehatan
Penulis: Billionaeres
Penerbit: Billionaeres
Tahun: 2002

Peran kebutuhan makanan kesehatan sangat diperlukan, mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat yang banyak menuntut akan sikap dan kemampuan kerja yang lebih tinggi pada hampir semua bidang pekerjaan. Hal ini menyebabkan waktu yang tersisa untuk kegiatan lain menjadi semakin terbatas, seperti istirahat dan makan. Dengan demikian muncul tuntutan baru untuk makan kenyang dalam waktu singkat. Makanan siap saji dengan mengutamakan rasa dan selera banyak bermunculan yang tidak mengutamakan kualitas serta sarat dengan kalori tinggi serta segala bumbu artifisial sintetis agar lebih terasa. Maka timbul penyakit-penyakit baru dalam tubuh kita, apalagi kurang diimbangi dengan berolahraga, maka ketahanan fisik terhadap penyakit semakin rapuh.
Bagaimana solusi yang terbaik?
PERLEBAHAN Sudah dikenal ribuan tahun yang lalu bahkan tertulis di kitab-kitab suci sebagai makanan kesehatan. Dari peternakan lebah di gurun Arizona, Amerika Serikat, HIGH-DESERT melahirkan berbagai produk-produk perlebahan yang diolah dengan teknologi canggih seperti Madu CLOVER, serbuk sari bunga ”POLLEN”, “PROPOLIS” serta susu lebah “ROYAL JELLY”, dengan kemasan tablet maupun cair praktis TANPA BAHAN PENGAWET dan efek samping, produk HIGH-DESERT memberikan nuansa modern dengan kelimpahan gizi murni yang terjaga benar dari kualitasnya.
Di dalam buku RAHASIA KEKAYAAN ALAM UNTUK KESEHATAN menyajikan berbagai produk makanan kesehatan serta cara kerjanya dalam mengatasi berbagai penyakit. (A)

RESENSI BUKU: MEMBUAT SILSILAH KELUARGA DENGAN FAMILY TREE BUILDER

membuat silsilah keluargaJudul Buku: Membuat Silsilah Keluarga dengan Family Tree Builder
Penulis: Jubilee Enterprise
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2010

Kakek nenek kita mungkin hanya sepasang insan. Namun, jika kakek nenek kita memiliki banyak anak, ceritanya akan lain. Terlebih jika anak-anak mereka memiliki cucu dan cicit yang melimpah. Akhirnya, kakek nenek yang dulunya hanya berdua, sekarang mampu menciptakan keluarga besar yang begitu kompleks. Beberapa orang berusaha memvisualisasikan keluarga besar ini dalam bentuk garis-garis keturunan yang kemudian kita kenal dengan istilah silsilah keluarga.
Jika Anda ingin membuat silsilah keluarga secara praktis dan mudah, gunakanlah software Family Tree Builder yang diulas di buku ini. Software ini dapat Anda temukan di dalam CD Bonus yang disertakan dalam buku dan berfungsi untuk menciptakan silsilah keluarga seberapa pun besarnya keluarga Anda.
Tidak hanya sekadar membuat garis-garis silsilah, software ini juga mampu digunakan untuk merekam setiap jejak masing-masing anggota keluarga yang ada di pohon silsilah tersebut, seperti pekerjaan, hobi, tanggal lahir, dan sebagainya.
Materi yang dibahas mudah dipraktekkan sehingga apabila Anda ingin menyusun pohon silsilah keluarga Anda dengan cara yang paling mudah dan sederhana, baca buku ini dan gunakan software Family Tree Builder yang tersedia dalam CD Bonus. (A)

RESENSI BUKU: CANTIK & SEHAT DENGAN RAMUAN ALAMI

cantik & sehatJudul Buku: Cantik & Sehat dengan Ramuan Alami
Penulis: Ratna Jelita
Penerbit: Galaxy
Tahun: 2008

Kecantikan dan kesehatan merupakan suatu anuqerah haqi setiap wanita. Cantik saja tidak cukup, tapi harus diimbangi denqan tubuh yang sehat, semua itu membutuhkan perawatan yanq rutin, Saat ini banyak wanita memilih cara yanq mudah dan praktis, salah satunya adalah dengan mendatanqi salon kecantikan dan melakukan perawatan tubuh memakai produk-produk yanq tersedia di pasaran tanpa memperdulikan efek sampingnya.
Di dalam buku ini menyajikan berbagai cara untuk membantu anda merawatkecantikan dankesehatan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mudah di dapat. Sehingga hasilnya maksimal tanpa efek sampinq karena tidak mengandunq bahan kimia seperti produk buatan. Selain itu buku ini juqa memberikan informasi pada kita tentanq berbagai unsur kecantikan dari tubuh dan terapi jus untuk kesehatan. Dan yanq lebih penting dalam menjaqa kecantikan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan badan, sehingga kecantikan akan tumbuh dengan sendirinya. (A)

RESENSI BUKU: MEMBUAT KOMIK

002Judul Buku: Membuat Komik
Penulis: Scott McCloud
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2008

Jika Anda ingin membuat komik, apa pun bentuknya; novel grafis, superhero, manga, komik strip atau komikweb, Anda sangat perlu memiliki buku Membuat Komik karya Scott McCloud ini. Buku ini mengungkapkan rahasia terlengkap tentang komik dan kekuatannya memikat pembaca. Tanpa teori yang bertele-tele dan sulit dimengerti, McCloud menerangkan tahap demi tahap pembuatan komik dengan gambar-gambar yang fun dan cerdas, seperti:
• memilih momen yang tepat untuk dituangkan ke dalam panel.
• membingkai aksi dan menuntun mata pembaca.
• memilih kata dan gambar yang saling melengkapi.
• menciptakan karakter yang beragam dan istimewa.
• menguasai bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
• menciptakan dunia khayal yang tampak nyata dan membawa pembaca ke dalam petualangan penuh makna.
• memilih peralatan yang tepat dan memahami asal muasalnya.
• menelusuri dunia gaya dan genre komik yang maha luas.
McCloud juga menjelaskan tentang sudut pandang panel yang baik, ekspresi yang tepat, serta beragam bentuk balon dan font. Dalam menerangkan teorinya, McCloud juga menggunakan contoh dari komik-komik terkenal karya Marjane Satrapi, David B, Neil Gaiman, Alan More, Herge, OsamuTezuka, dan sang maestro Will Eisner.
Membuat Komik adalah buku paling pintar tentang cara membuat komik!
Scott McCloud adalah seniman komik yang sering meraih penghargaan. Bukunya Zotl, Understanding Comics, dan Reinventing Comics telah terbit dalam 16 bahasa. (A)