Monthly Archives: March 2013

RESENSI BUKU: MAU KAYA? BACA… BISMILLAH

005Judul Buku : Mau Kaya? Baca… Bismillah
Penulis : Abdul Rachman Husein, Lc.
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2011

Ada kalimat yang menarik dalam obrolan saya dengan seorang kawan. Kebetulan topik yang didiskusikan adalah masalah kaya. Saya tersentak ketika dia berbicara bahwa kaya itu susah.
“Menurut ente kalo pengen kaya gimana?”
“Ya… bisnis.” Spontan saya pun langsung menjawabnya walaupun saya juga bukan seorang pengusaha seperti Bill Gates atau Waren Buffet tetapi saya tahu dua orang ini adalah contoh orang-orang paling kaya di dunia.
“Kalo gitu Bismillah, kita mulai berbisnis supaya cepet kaya.”
Kata-kata tersebutlah yang membuat saya jadi terkagum sehingga apa pun bentuk bisnisnya, bagaimanapun sistemnya, di mana pun tempatnya yang terpenting diawali dengan Bismillah terlebih dahulu. Dan memang di dalam Bismillah lah terkandung pola bisnis yang sangat bagus. Akhirnya saya pun mencoba menjabarkan bagi siapa saja yang ingin kaya maka bacalah BISMILLAH. (A)

RESENSI BUKU: THE AMAZING ISLAMIC LEGACY: MENAPAKI JEJAK KEJAYAAN ISLAM

The Amazing 001Judul Buku: The Amazing Islamic Legacy: Menapaki Jejak Kejayaan Islam
Penulis       : H. Endang Hendra, Lc.
Penerbit     : Cordoba
Tahun         : 2012

Michael H. Hart dalam bukunya The 100 menilai Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan.
Benda-benda peninggalan (arkeologi) sejarah pada masa Rasulullah Saw. dan khalifah menunjukkan sebuah fakta sejarah yang mengingatkan kembali sosok manusia agung Muhammad Saw. sebagai teladan sepanjang masa.
Suplemen ini mengungkap fakta sejarah peradaban Islam melalui peninggalan sejarah Rasulullah Saw. hingga kekhalifahan dan kota-kota peradaban pada masa lampau dan saat ini. Arsitektur Islam dengan bentuk, karakter dan keragamannya merupakan tolok ukur yang sangat penting dalam sejarah perkembangan dan kemajuan arsitektur di dunia.
Peninggalan militer muslim di masa kekhalifahan berupa benteng-benteng pertahanan yang megah dan kokoh menunjukkan teknologi militer yang sangat tangguh pada masa itu. Pada saat pemerintahan Umayyah, Cordoba menjadi ibukota Spanyol di bawah pemerintahan khalifah Islam dan dikenal tidak ada tandingannya di Eropa dalam hal kemajuan peradabannya. Cordoba pada saat itu juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan. Masjid Mezquita menjadi salah satu Warisan Dunia PBB dan disebut-sebut sebagai salah satu masjid yang tercantik dan terbesar di dunia. Museum Aya Sofia, Turki dulunya adalah masjid. Sebelum menjadi masjid, ia adalah gereja yang bernama Raghia Sopia. Usia bangunan ini sudah sangat tua, sekitar lima abad. Keindahan arsitekturnya begitu mengragumkan para pengunjung. Karenanya, jika berkunjung ke Istanbul, belum lengkap tanpa melihat kemegahan Aya Sofia. Di sinilah simbol pertarungan antara Islam dan non-Islam, termasuk di dalamnya nilai-nilai sekuler pasca runtuhnya Kekhalifahan Turki Usmani.
Ilmu Pengetahuan berkembang pesat pada masa Harun Ar-Rasyid dengan didirikannya Bait Al-Hikmah (Irak) sebagai pusat ilmu pengetahuan. Ini merupakan cikal bakal lahirnya disiplin ilmu seperti; teknik, arsitektur, matematika, astronomi, kedokteran, kesusasteraan, ilmu optik, filsafat, dan sebagainya. Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan sejarah Islam yang lebih lengkap dan dapat diungkap dalam suplemen ini. (A)

RESENSI BUKU: 10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses

10 ucapan org dahsayt 001Judul Buku : 10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses
Penulis        : Rich DeVos
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Tahun          : 2009

Sebagai pebisnis sukses, dermawan, dan motivator, Rich DeVos telah mempelajari pentingnya mempertahankan perilaku positif dan memberi dukungan kepada orang lain. Sekarang dengan pengetahuan dan kebijaksaaan yang telah ia dapatkan dari berbagai pengalaman dan orang berpengaruh yang ia temui, DeVos menawarkan’kepada Anda kunci yang telah ditemukannya untuk membuka potensi besar sepuluh ucapan sederhana pengubah kehidupan, yaitu:
1) “Saya salah”; 2) “Saya Minta Maaf”; 3) “Kau bisa melakukannya”; 4) “Saya yakin padamu”; 5) “Saya bangga padamu”; 6) “Terima kasih”; 7) “Saya membutuhkanmu”; 8) “Saya percaya padamu”; 9) “Saya menghormatimu”; 10)  “Saya mencintaimu”.
Hanya dengan menambahkan ucapan-ucapan itu ke dalam pereakapan sehari-hari, Anda akan terbantu dalam membina hubungan, memotivasi prestasi, menanamkan kepercayaan diri, dan mengubah perilaku Anda dalam kehidupan pekerjaan dan berkeluarga. (A)