Monthly Archives: November 2012

Resensi Buku: Orang-Orang yang Dikabulkan Doanya

Judul Buku : Orang-Orang yang Dikabulkan Doanya
Penulis        : Ibnu Abid Dunya
Penerbit     : Ziyad Visi Media
Tahun         : 2008

“Barangkali engkau melihat pakaiannya compang camping dan lusuh, penuh debu, namun jika ia bersumpah atas nama Allah, maka Allah akan memenuhi sumpahnya.” (HR Muslim)
Bisa jadi, mereka hanyalah orang biasa, namun kedekatan mereka dengan Allah menjadikan posisi mereka sangat istimewa disisi-Nya. Apa yang terbesit di hati mereka seakan selalu didengar Allah, bahkan sebelum terucap oleh lisan. Apalagi jika mereka menyuarakan perasaan mereka dalam sebuah rangkaian doa. Doa itu mampu mengetuk pintu Arsy-Nya dan membuka perbendaharaan karunia Allah hingga tercurahkan untuk hamba-hamba-Nya yang terkasihi.
Maka  dari  itu,  doa  merupakan  rangkaian  permohonan seorang  hamba   kepada  Allah,   Dzat  yang  Maha   Suci  dan berkehendak atas segala sesuatu. Dzat yang Maha Suci selalu bersedia mengabulkan permohonan dari hamba-Nya yang terpilih. Setiap doa hamba pasti dikabulkan Allah. Hanya saja seringkali banyak diantara kita yang belum yakin akan ketetapan ini. Ikutilah jejak-jejak  “Orang-orang yang  Doanya  Dikabulkan”  agar  kita termasuk dalam golongan yang dikabulkan doanya.
      Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.”(Ghafir: 60) (A)

 

Resensi Buku: Mengapa Siswa Gagal

Judul Buku : Mengapa Siswa Gagal
Penulis        : John Holt
Penerbit     : Erlangga
Tahun         : 2010

Banyak siswa di sekolah mengalami kegagalan. Mereka gagal mengembangkan kemampuan mereka untuk belajar, memahami, serta menciptakan, yang sudah dikaruniakan kepada mereka sejak lahir, dan yang sebetulnya sudah sangat baik mereka kembangkan dalam tahun-tahun pertama kehidupan mereka. Itu semua terjadi karena rasa takut, bosan, dan bingung.
Mereka takut mengecewakan banyak orang dewasa yang cemas di sekitar mereka, bosan karena banyak dari hal-hal yang mereka terima di sekolah bersifat sepele dan kurang bermakna, serta bingung karena apa yang dikatakan kepada mereka hampir tidak memiliki hubungan apa pun dengan apa yang sungguh-sungguh mereka ketahui (dengan model mentah realitas yang ada di kepala mereka).
Buku ini dipersembahkan bagi guru, sekolah dan orang tua yang sering kali gagal dalam mendidik anak-anak, namun mau belajar dari kegagalan-kegagalannya. Continue reading

Resensi Buku: Dahsyatnya Doa Ibu

Judul Buku  : Dahsyatnya Doa Ibu
Penulis         : Ustadz Syamsuddin Noor
Penerbit       : Pustaka Al-Mawardi
Tahun          : 2008
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (Q.S. Luqman : 14)
Ibu, dialah orang yang paling besar jasa dan pengorbanannya untuk kita. Ibu, adalah orang yang paling dekat hubungan emosionalnya dengan kita. Ibu adalah orang yang telah mengasuh dan membesarkan kita dengan segenap curahan cinta dan kasih sayangnya. Karenanya, Islam mewajibkan setiap orang beriman untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tua, terutama kepada ibunya. Mengapa? Continue reading